Friday, June 30, 2017

Jenis-Jenis Elang di Indonesia Bagian 3

Advertisement

Ini adalah bagian ketiga dari seri elang-elang yang ada di Indonesia. Kalau kamu belum membaca bagian pertama dan kedua silahkan baca pada link di bawah ini.


Elang-elang di Indonesia bagian 3

Elang Sayap Coklat (Butastur liventer)

Merupakan elang berwarna coklat dengan tenggorokan berwarna kelabu. Mirip dengan elang kelabu hanya tidak memiliki garis mesial di tenggorokannya.

elang sayap coklat
Elang sayap coklat


Elang Kelabu (Butastur indicus)

Elang berwarna coklat dengan garis mesial pada tenggorokannya yang berwarna putih. Elang ini memiliki garis hitam pada ekor yang nampak jelas ketika terbang.

elang kelabu
Elang kelabu


Elang Buteo (Buteo buteo)

Ciri khas yang paling menonjol dari elang buteo adalah ketika dia terbang nampak bercak karpal hitam yang jelas (pada siku sayap).

elang buteo
Elang buteo


Elang hitam (Ictinaetus malayensis)

Merupakan salah satu elang terbesar yang ada di Indonesia. Elang ini berwarna hitam legam di seluruh tubuhnya kecuali pada paruh dan jari.

elang hitam
Elang hitam


Elang Setiwel (Hieraaetus pennatus)

Ciri utama elang ini adalah bulu sayapnya yang nampak hitam saat terbang. Memiliki bentuk gelap dan bentuk terang seperti elang brontok. Bentuk gelap dicirikan dengan bagian bawah tubuhnya yang berwarna merah karat, sedangkan bentuk terang dicirikan dengan bagian bawah tubuhnya berwarna putih pucat.

elang setiwel
Elang setiwel


Elang Brontok (Spizaetus cirrhatus)

Memiliki bentuk gelap dan bentuk terang. Bentuk gelap berwarna hitam tapi tidak sekelam elang hitam dengan bagian bawah sayap agak kelabu. Bentuk terang dengan tubuh putih pucat bercoret-coret. Elang ini kadang memiliki jambul pendek di kepalanya.

elang brontok
Elang brontok


Elang Perut Karat (Hieraaetus kienerii)

Elang berjambul dengan dengan ciri khas perut dan bagian sayap yang berwarna merah karat.



Elang Jawa (Spizaetus bartelsi)

Inspirasi lambang negara Indonesia yang mudah dikenal karena jambulnya yang berukuran panjang. Ketika terbang nampak 4 garis hitam pada bagian ekornya. Burung muda umumnya berwarna coklat polos, ketika telah matang akan muncul gris-garis pada tubuhnya dan garis mesial pada tenggorokannya.

elang jawa
Elang jawa


Elang Gunung (Spizaetus alboniger)

Tubuhnya dominan hitam dan putih, juga memiliki jambul yang agak panjang. Selain itu juga memiliki garis mesial di tenggorokan.

elang gunung
Elang gunung


Elang Wallace (Spizaetus nanus)

Mirip elang gunung, bedanya hanya tubuhnya berwarna coklat dan terdapat 3 garis hitam pada ekornya.

elang wallace
Elang wallace

0 komentar

Post a Comment