Praktikum Merendam Telur Pada Air Cuka

Cangkang telur tersusun atas kalsium karbonat yang membuat cangkang telur bertekstur keras. Telur yang direndam dalam air cuka (asam asetat) selama 24 jam akan menjadi lunak karena reaksi antara kalsium karbonat dengan cuka.

telur dalam cuka
Telur direndam dalam cuka muncul gelembung gas

Reaksi yang terjadi antara cangkang telur dan cuka adalah sebagai berikut.

reaksi cangkang telur dengan cuka

Alat dan bahan :

  • 1 telur mentah
  • 1 gelas cuka
  • Gelas bening

Langkah kerja :

  • Tuang cuka pada gelas
  • Masukkan telur pada gelas hingga seluruh bagian telur terendam
  • Biarkan selama 24 jam
  • Setelah 24 jam ambil telur dan rasakan perubahan yang terjadi

Hasil pengamatan :

Cangkang telur akan menjadi lunak dan agak lembek.

Kalsium karbonat akan bereaksi dengan asam asetat menghasilkan karbondioksida, air, dan kalsium asetat. Kalsium karbonat memiliki tekstur keras sedangkan kalsium asetat teksturnya lunak.

Setelah telur dimasukkan ke dalam cuka, beberapa waktu kemudian akan nampak gelembung udara keluar dari telur. Gelembung udara tesebut adalah gas karbon dioksida yang keluar dari telur hasil reaksi kalsium karbonat dengan asam asetat (cuka). Gelembung udara akan keluar secara perlahan dari telur, namun lama kelamaan akan habis setelah sekitar 24 jam. Bila sudah tidak ada gelembung yang keluar menandakan bahwa hampir semua kalsium karbonat sudah melapaskan karbon dioksida yang ada.

Namun bila telur lunak tadi dibiarkan terkena udara terbuka selama 24 jam akan berubah menjadi keras lagi. Ini terjadi karena karbon dioksida di udara akan diikat oleh cangkang telur untuk membentuk kalsium karbonat kembali.

Percobaan membuat lunak telur ini juga sering ditampilkan lebih menarik dengan cara memasukkan telur ke dalam botol. Awalnya telur mentah tidak bisa masuk ke dalam mulut botol yang ukurannya lebih kecil. Tapi setelah direndam dengan cuka selama satu hari telur itu menjadi bisa masuk ke dalam mulut botol karena menjadi lebih lunak.

Untuk percobaan telur dan cuka ini sebaiknya menggunakan telur mentah agar perubahan tekstur cangkang telur lebih terasa.

0 komentar

Post a Comment