Thursday, January 21, 2016

Jenis-Jenis Elang di Indonesia

Advertisement

Elang merupakan burung pemangsa yang masuk dalam ordo falconiformes. Elang memiliki ciri khusus dengan ukuran tubuh yang cukup besar, paruh runcing tajam, dan jari berkuku tajam untuk mencengkeram mangsa. Elang akan memangsa hewan-hewan yang berukuran lebih kecil sebagai makanan utama. Elang memiliki pandangan yang tajam, lebih tajam dari pandangan manusia. Dalam jarak beberapa ratus meter di udara, elang dapat melihat mangsa yang berukuran kecil dan terjun meluncur untuk menangkapnya.

Karena kegagahannya, elang banyak digunakan sebagai lambang negara seperti elang jawa sebagai lambang Indonesia dan elang botak sebagai lambang Amerika. Di Indonesia terdapat banyak jenis elang, mulai dari elang tikus yang berukuran kecil hingga elang hitam yang berukuran besar. Pada artikel ini akan dijelaskan secara singkat tentang jenis-jenis elang yang terdapat di wilayah sunda besar meliputi Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Bali. Kebanyakan dari elang-elang ini merupakan penetap, namun beberapa merupakan elang migran (pendatang) yang akan datang ke Indonesia pada bulan-bulan tertentu saja.

Elang-elang yang terdapat di Indonesia adalah sebagai berikut.

Elang bondol (Haliastur indus)

Elang bertubuh coklat dengan leher dan kepala putih berbercak coklat halus. Ujung sayapnya hitam dengan ekor yang ujungnya agak membulat. Elang ini merupakan lambang propinsi DKI Jakarta.

elang bondol
Elang bondol

Elang tiram (Pandion haliaetus)

Elang tiram merupakan satu-satunya elang di Indonesia yang dapat menyelam ke dalam air ketika mencari ikan. Elang ini memiliki warna punggung, sayap, dan tengkuk hitam kecoklatan. Terdapat garis mata yang menyambung dengan warna kehitaman di tengkuk. Terdapat jambul pendek yang dapat ditegakkan.

elang tiram
Elang tiram

Baza jerdon (Aviceda jerdoni)

Elang ini memiliki tubuh berwarna merah karat, dengan tubuh bagian bawahnya bergaris-garis putih. Di bawah paruhnya hingga leher memiliki garis kehitaman. Elang ini memiliki jambul yang cukup panjang. Terdapat individu penetap dan individu yang bermigrasi.

baza jerdon
Baza jerdon

Baza hitam (Aviceda leuphotes)

Seperti namanya, elang ini memiliki tubuh kehitaman. Pada bagian perut dan dadanya terdapat garis-garis putih yang terlihat kontras dengan warna hitam tubuhnya. Memiliki jambul yang panjang seperti baza jerdon. Merupakan elang migran yang datang di bulan-bulan tertentu.

baza hitam
Baza hitam

Elang-laut perut putih (Haliaeetus leucogaster)

Merupakan elang laut dengan kepala dan tubuh bagian bawah berwarna putih. Sayap dan punggung elang ini berwarna abu-abu  dengan ujung dan tepi sayap berwarna hitam. Warna hitam di tepi sayap akan nampak jelas saat elang ini terbang.

elang laut perut putih
Elang laut perut putih

Elang kelelawar (Macheiramphus alcinus)

Elang berwarna hitam dengan jambul pendek. Ketika terbang, nampak ujung sayapnya meruncing seperti. Memiliki tenggorokan putih dengan garis di bawah paruh berwarna hitam. Diberi nama elang kelelawar karena mereka sering terlihat menyarang dan memangsa kelelawar yang keluar dari gua di sore hari.

elang kelelawar
Elang kelelawar

Elang paria (Milvus migrans)

Memiliki bulu coklat pucat dengan kaki dan daerah sekitar mata berwarna abu-abu. Ekornya agak menggarpu, nampak jelas ketika elang ini terbang. Elang ini merupakan pendatang dari Asia Timur.

elang paria
Elang paria

Elang tikus (Elanus caeruleus)

Elang berukuran kecil berwarna putih dengan tubuh bagian atas berwrna abu-abu. Ujung sayapnya hitam, nampak jelas ketika terbang. Elang ini memiliki mata yang berwarna merah. Diberi nama elang tikus karena mangsa elang ini sebagian besar adalah tikus, disebabkan oleh ukuran tubuhnya yang relatif kecil.

elang tikus
Elang tikus

Sikep madu asia (Pernis ptilorhynchus)

Terdapat sikep madu migran dan sikep madu penetap. Memiliki tenggorokan pucat dengan garis di bawah paruh. Tubuhnya kecoklatan dengan jambul yang bervariasi. Terdapat ras yang berjambul sangat pendek dan ada pula yang jambulnya agak panjang. Diberi nama sikep madu karena burung ini gemar memangsa sarang lebah dan madu sebagai makanan sampingan.

sikep madu asia
Sikep madu asia

Elang-ikan kecil (Ichtyophaga humilis)

Elang ini memiliki tubuh berwarna coklat dengan kepala abu-abu. Pada bagian batas kaki hingga pangkal ekor berwarna putih.

elang ikan kecil
Elang-ikan kecil

Elang-ikan kepala kelabu (Ichtyophaga ichtyaetus)

Memiliki warna tubuh yang hampir mirip dengan elang-ikan kecil, namun elang ini berukuran lebih besar. Kepalanya berwarna abu-abu yang lebih jelas dengan ekor berwarna putih dengan garis hitam yang lebar. Kakinya berwarna kuning pucat, berbeda dengan elang-ikan kecil yang berkaki abu-abu.

elang ikan kepala abu
Elang ikan kepala abu

Bersambung ke Jenis-Jenis Elang di Indonesia Bagian 2 (maaf sementara belum ditulis, silahkan tunggu dulu sampai saya sempat menulis hehe)

0 komentar

Post a Comment