Kolibri Ninja Menawan Mata

Kolibri ninja atau burung madu pengantin punya warna tubuh yang indah. Mereka juga punya suara merdu, yang membuat orang terpesona ketika mendengarnya.

Dulu burung ini jumlahnya lumayan banyak, saya bisa menjumpai dengan cukup mudah di pinggiran hutan atau di dekat pantai. Tapi sekarang beda cerita, untuk menjumpai burung ini lebih sulit.

Burung ini senang sekali beraktivitas di pohon-pohon yang berbunga lebat. Itu karena mereka suka makan nektar bunga. Mereka menggunakan paruhnya yang langsing untuk menghisap nektar di dasar mahkota bunga. Tapi makanannya bukan hanya nektar, mereka juga makan serangga serangga kecil yang bisa ditangkapnya. Kadang mereka juga akan memakan buah-buah dan biji-biji kecil.

Burung madu pengantin
Burung kolibri ninja (Purple-throated sunbird)

Sebutan kolibri ninja sebenarnya berasal dari daerah jawa timur, tapi kemudian menyebar dan menjadi sebutan yang relatif umum di indonesia. Burung ini disebut dengan kolibri ninja karena punya garis hitam tebal di sepanjang mata hingga belakang leher. Garis hitam ini mirip seperti orang menggunakan topeng untuk menutup wajah. Topeng ini seperti yang dipakai oleh ninja, maka muncullah sebutan kolibri ninja.

Selain itu burung ini suka beraktifitas di sekitar bunga bunga yang umumnya berwarna merah dan oranye. Karena warna tubuhnya dominan merah mereka jadi agak sulit dibedakan dengan bunga-bunga di sekitarnya. Seperti ninja yang menggunakan jurusnya untuk bersembunyi dari pandangan musuh.

Biasanya kalau di sebuah pohon berbunga ada kolibri ninja maka tidak lama akan datang juga burung madu lain seperti madu sriganti atau madu kelapa. Kedua burung madu ini lumayan umum ditemukan di pulau jawa.

Sekitar 10 tahun yang lalu tidak terlalu sulit melihat kolibri ninja liar. Tapi sekarang tidak mudah lagi karena jumlahnya di alam sudah semakin sedikit akibat ditangkap untuk dipelihara dan dinikmati suaranya. Suara burung ini indah, terutama kalau sudah dilatih dengan baik. Bahkan sudah ada kelas khusus untuk perlombaan kolibri ninja, membuat jual beli burung ini semakin marak.

Karena sudah masuk lomba, harga kolibri ninja menjadi lebih mahal. Banyak orang berbondong-bondong berusaha mengais rejeki dengan menjaring burung ini di alam. Akhirnya jumlahnya semakin sedikit.

Kolibri ninja punya warna tubuh yang menarik. Merah, hijau, dan ungu. Tubuhnya dominan merah, atap kepalanya hijau, dan lehernya ungu. Sungguh indah memandang burung ini melompat-lompat di antara ranting pohon.

Kolibri ninja memiliki tubuh berukuran kecil sekitar 9 sampai 10 cm dengan berat tubuh sekitar 5,2 sampai 7,5 g.

Ketika musim kawin tiba, burung ini membuat sarang yang menggantung di cabang pohon. Mereka biasanya akan bersarang di awal tahun mulai januari hingga bulan juli. Telur 2 butir berwarna coklat yang diletakkan pada sarang berbentuk kantung menggantung terbuat dari akar dan serat diikat pada sarang laba-laba, tidak jauh dari permukaan tanah sekitar 1 sampai 6 meter.

0 komentar

Post a Comment