Burung Kehicap Ranting (Black-Naped Monarch)

Kehicap ranting (Hypothymis azurea) adalah burung berukuran sedang (sekitar 16 cm) berwarna biru keabu-abuan. Burung ini sering ditemukan beraktifitas di semak-semak atau tajuk bawah pohon di hutan dataran rendah.

black naped monarch
Kehicap ranting jantan (kiri) dan betina (kanan) di dalam sarang

Ciri-ciri

Burung jantan dan betina memiliki warna tubuh yang sedikit berbeda. Kehicap ranting jantan berwarna lebih cerah dari betina.

Burung jantan memiliki kepala, dada, punggung, dan ekor biru, lebih abu-abu pada sayap dan bagian perut putih. Di kepalanya terdapat jambul kecil yang berwarna hitam.

Burung betina memiliki kepala dan dada biru keabu-abuan. Pada bagian punggung, sayap, dan ekor berwarna  abu-abu kecoklatan. Betina tidak memiliki jambul hitam di kepalanya.

Kebiasaan

Burung ini sangat aktif bergerak dan tertarik dengan suara sesamanya. Kadang ditemukan beraktifitas dalam kelompok kecil mencari makan berupa serangga kecil.

Sarang kehicap ranting berbentuk seperti mangkok kecil terbuat dari serat tanaman, lumut, dan sarang laba-laba. Sarang dibuat pada percabangan pohon sebagai penumpu. Dalam sarang, betina akan bertelur 2-3 butir berwarna kuning tua berbintik coklat.

Status Konservasi

Berdasarkan UU No. 5/1990, PP No. 7/1999 di Indonesia burung ini statusnya Tidak Dilindungi.

Berdasarkan IUCN status burung ini Least Concern (Resiko rendah).

0 komentar

Post a Comment