Jenis-Jenis Tanaman Janda Bolong (Monstera)

Janda bolong adalah tanaman dari genus Monstera yang sedang populer belakangan ini. Saat ini terdapat sekitar 45 jenis monstera yang sudah dikenal luas. Tanaman ini berasal dari hutan tropis di benua Amerika.

Monstera memiliki memiliki ciri khas berupa daun yang berlubang-lubang. Ada jenis yang lubangnya kecil dan ada juga yang lubangnya besar. Nama Monstera berasal dari kata "Monstrous" yang artinya abnormal, mereka dianggap abnormal karena adanya lubang-lubang pada daunnya.

Tanaman ini dapat merambat pada permukaan vertikal seperti tembok, pohon, atau tiang. Akarnya ada yang tumbuh di dalam tanah namun ada juga yang digunakan untuk menempel pada permukaan benda di atas permukaan tanah. Karena memiliki akar yang tumbuh di dalam tanah dan menempel di luar ini, monstera digolongkan dalam kelompok tumbuhan hemiepifit.

Monstera dapat tumbuh mencapai ketinggian 20 meter dengan merambat pada benda di permukaan tanah. Beberapa buah dari monstera dapat dimakan, seperti buah dari jenis Monstera deliciosa.

Berikut ini adalah jenis-jenis Monstera yang sedang populer saat ini.

Monstera Adansonii

Monstera adansonii adalah tanaman janda bolong yang memiliki daun berukuran sedang dan lubang-lubang yang cukup besar. Rasio lubang-lubang pada daun sekitar 50% dari luas daunnya. 

monstera adansonii

Monstera acuminata

Monstera acuminata memiliki daun yang mirip dengan adansonii namun ukuran daunnya lebih besar. Lubang-lubang pada daunnya relatif lebih kecil dengan rasio dibawah 50% dari luas daunnya.

Monstera acuminata

Monstera deliciosa

Monstera deliciosa memiliki daun yang sangat besar dibandingkan dengan jenis monstera lainnya. Lubang pada daunnya menembus tepi daun sehingga seakan-akan tidak memiliki lubang namun nampak seperti daun yang tercabik-cabik.

Monstera deliciosa

Monstera epipremnoides

Monstera epipremnoides bentuknya mirip dengan adansonii namun ukuran daunnya lebih besar. Monstera jenis ini memiliki lubang-lubang kecil selain lubang berukuran besar pada daunnya.

Monstera epipremnoides

Monstera obliqua

Monstera obliqua memiliki bentuk daun yang sangat unik, lubang-lubang pada daunnya berukuran sangat besar. Rasio lubang pada daun lebih dari 70% dari luas daunnya.

Monstera obliqua

Monstera punctulata

Monstera punctulata memiliki daun yang sangat besar dan lubang-lubang yang bervariasi. Ada lubang yang berada di dalam daun, namun ada pula lubang yang menembus tepi daunnya.

Monstera punctulata

Monstera dubia

Monstera dubia tidak memiliki lubang pada daunnya. Ukuran daunnya cukup kecil dengan pola warna silver yang indah pada dasar daun yang berwarna hijau.

Monstera dubia

Monstera sandleyana

Monstera sandleyana juga tidak memiliki lubang pada daunnya, ukuran daunnya sedang dengan bentuk memanjang. Daunnya memiliki semburat putih kekuningan ciri khas tumbuhan variegata.


Tanaman janda bolong cukup mudah dikembangbiakkan. Cukup dengan memotong batangnya saja maka akan tumbuh menjadi tanaman baru yang sifatnya sama. Perbanyakan secara generatif dengan menanam bijinya jarang dilakukan karena memerlukan waktu yang cukup lama untuk tumbuh dewasa.

0 komentar

Post a Comment