Fairy Shrimp, Ciri dan Habitatnya

Fairy shrimp atau Udang peri atau Artemia air tawar adalah krustacea kecil dari ordo Anostraca. Hewan ini berukuran kecil, sekitar 6 sampai 25 mm dan biasa ditemukan pada kolam musiman. Mereka hidup di perairan yang akan kering saat musim panas dan terisi air saat musim hujan. Terdapat sekitar 300 spesies fairy shrimp dari 8 famili.

Deskripsi

Hewan ini berenang terbalik dengan kaki renang berada di bagian atas. Tubuhnya tersusun atas 20 segmen dengan 11 pasang kaki renang atau phyllopodia. Tubuhnya tersusun atas 3 bagian yaitu kepala, toraks, dan abdomen. Tubuhnya tidak dilapisi karapaks sehingga ketika tumbuh besar tidak perlu ganti kulit atau moulting.

Fairy shrimp
Fairy shrimp betina (atas) dan jantan (bawah)

Fairy shrimp betina memiliki kantong telur di pangkal abdomen-nya. Kantong telur ini baru akan terlihat saat fairy shrimp sudah matang seksual. Jantan memiliki antena besar yang berbentuk mirip capit yang digunakan untuk menggapai betina saat kawin.

Habitat dan tingkah laku

Mereka hidup di kolam musiman (vernal pool) dan umurnya tidak panjang. Saat kolam terisi air, telur fairy shrimp akan menetas dan menjadi larva fairy shrimp yang ukurannya sangat kecil. Mereka adalah filter feeder dan akan memakan plakton, alga, dan material organik lain yang ada di kolam tersebut. 

Setelah matang seksual, fairy shrimp akan kawin dan menghasilkan telur yang dijatuhkan di dasar kolam tempatnya tinggal. Saat memasuki musim kemarau kolam akan kering dan fairy shrimp dewasa akan mati. Saat musim hujan berikutnya datang dan kolam terisi air lagi maka telur akan menetas dan siklus hidup yang baru terjadi.

vernal pool
Kolam musiman (vernal pool)

Telur fairy shrimp umumnya tidak akan menetas sebelum kolam mengering dan terisi air kembali. Semakin kering kolam maka akan semakin memicu telur untuk menetas saat terisi air kembali.

Kegunaan

Di alam fairy shrimp merupakan makanan bagi katak, burung, dan hewan kecil lain di sekitar kolam musiman. Saat ini banyak sekali peternak yang mengembangbiakkan fairy shrimp sebagai makanan larva ikan.

Fairy shrimp yang baru menetas berukuran sangat kecil sehingga sangat bagus sebagai makanan larva ikan. Biasanya peternak akan menjual telur fairy shrimp yang telah dibudidayakan. Telur ini dijual dalam bentuk kering dan perlu dimasukkan ke dalam wadah berisi air tawar yang terkena cahaya matahari atau lampu untuk menetaskannya.

0 komentar

Post a Comment