Friday, July 6, 2018

Pertumbuhan Primer dan Sekunder pada Tumbuhan

Advertisement

Pertumbuhan primer adalah pertambahan panjang ujung batang dan ujung akar, sehingga tumbuhan menjadi lebih tinggi.

Pertumbuhan sekunder adalah pertambahan diameter batang sehingga batang tumbuhan menjadi lebih besar.

Pertumbuhan primer dan sekunder akan membuat tumbuhan menjadi lebih tinggi dan besar. Pertumbuhan ini dapat terjadi karena tumbuhan memiliki sel-sel meristematis yang aktif membelah menghasilkan sel-sel baru.

Pertumbuhan Primer

Pertumbuhan primer dapat terjadi karena tumbuhan memiliki meristem apikal (pada monokotil meristem apikal dan meristem interkalar). Meristem apikal terdapat di ujung batang dan ujung akar. Jaringan meristem tersusun atas sel-sel yang sangat aktif membelah sehingga jumlahnya terus bertambah.

Sedangkan pada tumbuhan monokotil, selain meristem apikal juga memiliki meristem interkalar yaitu jaringan meristem yang terdapat di antara ruas-ruas batang. Meristem interkalar akan membuat bagian di antara ruas-ruas batang monokotil menjadi bertambah panjang ketika dalam masa pertumbuhannya.

pertumbuhan primer batang

Pada batang meristem apikal tepat berada di ujung batang, sel-selnya aktif membelah menghasilkan sel-sel baru. Daerah dimana terdapat sel-sel yang aktif membelah disebut dengan zona pembelahan. Di belakang zona pembelahan terdapat zona pemanjangan, yaitu daerah dimana sel-sel yang telah membelah tumbuh menjadi sel-sel yang lebih besar dan lebih panjang. Kemudian di belakang zona pemanjangan terdapat zona diferensiasi, di daerah ini sel-sel yang telah bertambah panjang mulai terdiferensiasi menjadi sel-sel yang spesifik. Sel-sel mulai terdiferensiasi menjadi floem, xilem, epidermis, stomata, trikoma dan lain sebagainya.

pertumbuhan primer akar

Pada akar, meristem apikal terletak tepat setelah tudung akar. Tudung akar merupakan ujung dari akar yang berfungsi melindungi akar saat akar menghujam tanah. Sama seperti pada batang, pada akar-pun terdapat zona pembelahan dimana sel-sel aktif membelah. Zona pemanjangan dimana sel-sel bertambah panjang dan besar. Dan zona diferensiasi dimana sel-sel terdiferensiasi menjadi sel-sel spesifik seperti korteks dan bulu akar.

Pertumbuhan Sekunder

Pertumbuhan sekunder dapat terjadi karena aktivitas dari kambium pembuluh (meristem lateral). Kambium ini terletak di antara xilem dan floem pada batang. Jaringan kambium hanya tersusun atas lapisan sel yang tipis dan sel-selnya sangat aktif membelah.

pertumbuhan sekunder

Kambium akan membelah ke arah dalam membentuk xilem sekunder dan membelah ke arah luar membentuk floem sekunder. Xilem sekunder dan floem sekunder inilah yang menyebabkan bertambah besarnya diameter batang. Namun sebenarnya yang paling berpengaruh adalah xilem sekunder karena pada batang kayu yang besar sebagian besar tersusun atas xilem sekunder.

Namun pada monokotil tidak terjadi pertumbuhan sekunder karena tidak memiliki kambium, sehingga batang monokotil tidak bisa terus tumbuh membesar seperti dikotil. Misalnya saja batang jagung, walaupun telah tua batang jagung ukurannya akan tetap, tidak terus bertambah besar karena tidak adanya kambium yang menyebabkan bertambah besarnya batang.

Baca juga:
Bagian-Bagian Biji Dikotil dan Monokotil
Proses Perkecambahan dan Tipe Perkecambahan Biji

0 komentar

Post a Comment