Mengapa Ayam Jantan Berkokok di Pagi Hari ?

Saat ini kita sering bangun pagi karena adanya bunyi alarm, namun jaman dulu yang bertugas membangunkan orang dari tidurnya adalah suara kokok ayam janan.

Kukuruyuuuuuuuuk...

Ayam jantan hampir selalu berkokok saat menjelang pagi. Pernahkah teman-teman bertanya kenapa ayam jantan suka berkokok di pagi hari terutama saat subuh?

ayam jago berkokok

Ketika dalam keadaan gelap dan tiba-tiba ayam diberi lampu atau di sorot lampu senter maka ayam jantan akan berkokok. Karena kejadian ini awalnya orang-orang berpikir bahwa ayam berkokok di pagi hari karena pengaruh cahaya yang berubah dari gelap menjadi terang. Itu memang benar tapi ternyata itu bukan menjadi alasan utama kenapa mereka berkokok saat pagi.

Penelitian yang dipimpin oleh Takashi Yoshimura dari Universitas Nagoya menjawab sedikit misteri tentang kokokan ayam.

Peneliti ini meletakan kelompok ayam dalam kandang gelap selama 24 jam. Mereka bebas melakukan apapun dalam kandang dan dapat berkokok kapanpun mereka mau. Dan ternyata ayam tahu kapan waktu dia harus berkokok. Mereka akan berkokok keras dan nyaring saat subuh tiba. Padahal mereka dalam kandang gelap dan tidak melihat kondisi di luar kandang.

Nyatanya ayam memiliki jam biologis sendiri untuk mengetahui kapan waktu pagi telah datang. Jadi cahaya bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi ayam berkokok, namun lebih utama adalah jam biologis dalam tubuh ayam tersebut.

Jam biologis adalah mekanisme pengaturan waktu internal dalam tubuh yang bekerja secara otomatis. Pada manusia jam biologis misalnya adalah rasa mengantuk yang datang saat malam hari. Walaupun kondisi terang karena lampu, namun rasa ngantuk selalu datang di waktu yang hampir sama setiap malam karena adanya jam biologis tubuh.

Jam biologis ini sebagian besar dipengaruhi oleh faktor internal dari tubuh, sedangkan faktor eksternal seperti suhu, kelembaban, dan cahaya pengaruhnya kecil.

Jadi penyebab ayam berkokok di pagi hari adalah karena jam biologis dari tubuh memerintahkan mereka untuk berkokok dan memulai hari baru.

Kokok ayam sebenarnya punya beberapa arti, bisa berarti sebagai tanda sebagai dimulainya aktivitas, bisa karena sedang menarik pasangan, untuk menjaga wilayah kekuasaan, dan karena merasa terancam.

0 komentar

Post a Comment