Download Materi Sosialisasi Kurikulum Prototipe (PDF)

Kurikulum prototipe adalah kurikulum berbasis kompetensi untuk mendukung pemulihan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning).

Kurikulum prototipe mendorong pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa, serta memberi ruang lebih luas pada pengembangan karakter dan kompetensi dasar.

kurikulum prototipe

Kurikulum prototipe menjadi salah satu pilihan kurikulum yang dapat digunakan sekolah selain kurikulum 2013 dan kurikulum darurat sampai tahun 2024. Kemudian pada tahun 2024 akan dilakukan evaluasi menyeluruh untuk menentukan penggunaan kurikulum selanjutnya.

Materi presentasi (pdf) tentang kurikulum prototipe adalah sebagai berikut.

Klik link di bawah ini untuk download.

Mendikbudristek - Materi Kurikulum Prototipe dengan Komisi X DPR

Kepala BSKAP - Materi Sosialisasi Kurikulum Prototipe dengan Komisi X DPR

Dirjen GTK - Strategi Pengembangan GTK untuk Kurikulum Prototipe

Kurikulum prototipe memiliki beberapa karakteristik utama yang mendukung pemulihan pembelajaran:

Penggunaan soft skills dan karakter (akhlak mulia, gotong royong, kebhinekaan, kemandirian, nalar kritis, kreativitas) mendapat porsi khusus melalui pembelajaran berbasis projek.

Fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi.

Fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan murid (teach at the right level) dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.

0 komentar

Post a Comment