Laba-Laba Pemakan Ikan (Dolomenes)

Dolomenes adalah genus laba-laba pemakan ikan yang bisa ditemukan di seluruh dunia kecuali Antartika. Mereka berburu dengan menunggu mangsa di tepi perairan kemudian akan menangkap mangsa yang mendekat. Laba-laba ini biasa ditemukan di perairan yang berair cukup tanang seperti kolam atau rawa-rawa.

Terdapat lebih dari 100 jenis laba-laba dari genus Dolomenes contohnya Dolomenes aquaticus dari New Zealand, Dolomenes fimbriatus dan Dolomenes plantarius dari Eropa. Ukuran laba-laba ini sekitar 1 hingga 3 inchi dan kebanyakan memiliki ciri-ciri berupa garis pucat di samping tubuhnya.

Dolomenes minor
Dolomenes minor


Kebiasaan Berburu

Mereka memiliki bulu-bulu halus di seluruh tubuhnya yang bersifat hidrofobik (menolak air) sehingga membuatnya dapat mengambang di atas permukaan air. Laba-laba ini dapat berjalan di atas permukaan air tanpa tenggelam untuk menunggu mangsanya.

Mereka juga dapat menyelam ke dalam air karena permukaan tubuhnya yang berbulu membuat gelembung udara terperangkap di sekitar tubuhnya saat menyelam. Gelembung udara yang terperangkap ini digunakan untuk bernapas selama di dalam air. Seperti jenis-laba-laba pada umumnya, mereka bernapas menggunakan paru-paru buku yang terletak di bawah abdomen.

Dolomenes dapat menunggu berjam-jam di tepi perairan untuk menunggu mangsa yang datang. Mangsanya dapat berupa serangga-serangga kecil dan ikan yang hidup di perairan tempatnya tinggal. Mereka tidak menggunakan jaring untuk menangkap mangsa seperti laba-laba pada umumnya, tapi langsung menangkap menggunakan kakinya.

Ketika ada ikan yang berenang di permukaan air di sekitarnya, Dolomenes dapat mengetahui keberadaan ikan itu dari getaran air yang mengenai kakinya. Seketika itu juga mereka dengan cepat akan menangkap ikan dari permukaan air dan menggigitnya untuk menyuntikkan racun. Dolomenes berburu di malam hari dan memiliki penglihatan yang tidak terlalu baik, jadi indra utama yang digunakan untuk berburu adalah bulu-bulu di kakinya.

Hebatnya, mereka mampu membedakan antara getaran yang diakibatkan oleh daun jatuh atau riak air dengan getaran akibat pergerakan ikan. 

Predator

Pemangsa laba-laba ini antara lain ikan karnivora, burung, ular, dan capung. Ikan dari dari jenis Trout kadang nampak memakan laba-laba Dolomenes yang dapat diraihnya. Selain pemangsa tersebut, ada tawon dari famili Pompilidae yang menjadi parasit pada tubuh Dolomenes. Tawon ini akan bertelur di tubuh laba-laba dan larva tawon akan memakan daging laba-laba dari dalam tubuhnya, membuat laba-laba mati seiring pertumbuhan larva.

0 komentar

Post a Comment