Mekanisme Gerak Refleks Lutut

Advertisement

Gerakan refleks lutut menyentak terjadi ketika bagian bawah tempurung lutut dipukul dengan benda tumpul. Gerakan refleks ini akan menyebabkan kaki bagian bawah bergerak ke depan yang disebut juga dengan gerakan ekstensor. Refleks lutut merupakan salah satu gerakan refleks yang sangat terkenal dan sering dijadikan contoh gerakan refleks di buku-buku teks.

Gerakan refleks lutut dapat terjadi apabila bagian sekitar tempurung diketuk cukup keras. Refleks lutut terjadi melalui mekanisme gerakan tidak sadar sehingga kita tidak mampu mengontrolnya.

gerak refleks lutut menghentak
Mekanisme gerak refleks lutut terjadi karena kerja neuron sensoris dan neuron motoris yang menghasilkan gerakan tak sadar

Mekanisme gerak refleks lutut adalah sebagai berikut.

  • Refleks hentakan lutut disebabkan oleh ketukan pada tendon yang berhubungan dengan otot kuadrisep atau otot paha bagian depan. 
  • Reseptor sensoris (sensorik) akan mendeteksi peregangan mendadak pada otot kuadrisep tersebut.
  • Neuron sensoris akan menghantarkan rangsang kepada neuron motoris (motorik) pada sumsum tulang belakang.
  • Neuron motoris menghantarkan rangsang menuju otot kuadrisep yang menyebabkan otot tersebut berkontraksi dan menggerakkan kaki bagian bawah ke depan.
  • Gerak refleks ini hanya membutu kan dua jenis neuron yaitu sensoris dan motoris.
  • Namun bersamaan dengan proses tersebut neuron sensoris pada kuadrisep menghantarkan rangsang menuju interneuron pada sumsum tulang belakang.
  • Kemudian interneuron akan menghambat neuron motoris mengirimkan impuls penyebab kontraksi otot paha bagian belakang, hal ini membuat refleks kaki bagian bawah berjalan lancar.

Neuron atau sel saraf sendiri tersusun atas badan sel saraf dan serabut saraf. Badan sel saraf sensoris terdapat pada ganglion saraf di luar sumsum tulang belakang, sedangkan badan sel saraf motoris terdapat dan interneuron terdapat pada bagian abu-abu (substansia grisea) sumsum tulang belakang. Bagian abu-abu ini terletak di dalam sumsum tulang belakang dan bila dipotong melintang bentuknya mirip dengan sayap kupu-kupu.

Baca juga: Percobaan Gerak Refleks Kaki Katak
Baca juga : Struktur dan Bagian Sel Saraf (Neuron)

0 komentar

Post a Comment