Burung Pecuk Padi Belang

Advertisement

Pecuk padi belang (Phalacrocorax melanoleucos) adalah burung pecuk dengan kombinasi warna hitam dan putih. Berukuran sekitar 60 cm dengan kebiasaan mencari makan di perairan dekat pantai. Dapat menyelam ke dalam air untuk mencari mangsa.

Klasifikasi

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Aves
  • Ordo : Suliformes
  • Famili : Phalacrocoracidae
  • Genus : Phalacrocorax 
  • Spesies : Phalacrocorax melanoleucos
  • Nama inggris : Little Pied Cormorant

Deskripsi

Burung ini memeiliki dua warna yang dominan yaitu hitam dan putih, dengan warna hitam pada tubuh bagian atas dan putih pada tubuh bagian bawah. Paruh dan kulit mukanya berwarna kuning, menjadi ciri khas lain dari jenis ini. Pada burung yang masih muda sisi lambungnya berwarna hitam sedangkan pada burung dewasa berwarna putih. Kakinya pendek dan berselaput untuk membantunya mendayung dan berenag di dalam air.

little pied cormorant
Pecuk padi belang sedang istirahat di atas batu karang

Kebiasaan

Merupakan burung air yang mampu menyelam untuk mencari mangsa berupa krustacea, ikan, belut, atau hewan air lain. Mampu menyelam selama 20 detik kemudian keluar untuk beristirahat selama 10 detik dan melanjutkan menyelam lagi. Ketika beristirahat dapat keluar dari air seluruh tubuhnya atau hanya mengeluarkan bagian kepala, leher, dan permukaan punggungnya di atas air.

Bertengger sendirian atau dalam kelompok kecil. Kadang nampak terbang di sekitar dara laut untuk mencari ikan. Ketika terbang lehernya akan diluruskan ke depan, tidak bengkok seperti burung kuntul atau cangak.

Baca juga : Burung Sepah Kecil Sebagai Indikator Lingkungan

Dimana menemukan burung ini?

Pengunjung yang sering terlihat di Jawa Timur dan Bali, kadang terlihat dengan mudah di selat Bali. Penumpang kapal laut yang menuju Bali sering melihatnya terbang rendah mencari ikan di sekitar dara laut.

Dapat ditemukan dengan mudah di pulau Serangan ketika musim-musim tertentu. Bertengger di pantai pada ranting bakau atau pada batu karang sambil mengamati pergerakan pergerakan di sekitarnya. Burung yang cukup tenang ketika bertengger, tidak mudah terganggu dengan kehadiran orang asal jaraknya tidak terlalu dekat.

Merupakan objek foto yang sangat menarik bagi penikmat fotografi hewan karena memiliki pola tubuh yang lebih menarik dibandingkan pecuk padi kecil, pecuk padi hitam, atau pecuk padi besar.

0 komentar

Post a Comment