Saturday, October 20, 2018

Apa Itu Aardvark?

Advertisement

Aardvark (Orycteropus afer) adalah hewan yang memiliki moncong panjang dan runcing, pemakan semut dan rayap. Dalam bahasa Afrikaans, aardvark berarti babi tanah. Disebut demikian karena moncongnya mirip babi namun lebih panjang dan juga sering menggali-gali tanah untuk mencari makanannya. Walaupun disebut dengan nama babi, mereka sama sekali bukan kerabat dari babi.

Babi tanah dewasa berukuran sekitar 1,5 meter hingga 3 meter dengan berat 38 hingga 58 kg.

aardvark

Babi tanah aktif di malam hari dan mencari makan dengan menggali sarang semut dan rayap di dalam tanah. Mereka memiliki kuku yang kuat dan tajam untuk menggali tanah dengan cepat, mereka dapat menggali sedalam 0,5 meter dalam 15 detik.  Dalam semalam mereka mampu memakan hingga 50.000 semut atau rayap dan langsung menelannya tanpa mengunyah. Mereka memiliki lidah lengket yang dapat dijulurkan sepanjang 30 cm. Lidah ini digunakan untuk menangkap hewan-hewan kecil makanannya.

Di siang hari hewan ini menghabiskan waktunya di dalam sarang dengan menggulung tubuhnya mirip seperti bola. Hewan ini hanya ditemukan di benua Afrika dan merupakan satu-satunya anggota ordo Tubulidentata yang belum punah. Umumnya mereka ditemukan mulai dari Afrika tengah hingga Afrika selatan.

1 komentar: