Thursday, July 26, 2018

8 Hewan Unik Bertubuh Transparan

Advertisement

Dunia hewan penuh dengan hewan-hewan unik yang jarang diketahui orang, sehingga belum banyak dikenal. Beberapa hewan unik ini memiliki tubuh yang transparan atau tembus pandang. Tubuhnya seperti kaca tipis yang tembus cahaya sehingga mata kita bisa melihat menembus tubuhnya.

Hewan-hewan transparan ini umumnya berukuran kecil hingga sedang dan tubuhnya tipis. Baiklah...kali ini akan saya jelaskan 8 hewan bertubuh transparan yang ada di dunia hewan.

Glass Catfish

Glass catfish (Kryptopterus vitreolus) merupakan ikan kecil dari keluarga lele yang dapat ditemukan di Asia. Ikan ini kadang dipelihara dalam akuarium karena bentuknya yang unik, tembus pandang. Namun di toko akuarium kadang dijual dengan harga mahal karena jarang ditemukan. Ikan ini dapat mencapai ukuran maksimal sekitar 6 cm dan makanannya sebagian besar adalah hewan-hewan kecil seperti cacing darah, artemia, dan jentik nyamuk.

glass catfish
Glass catfish

Ghost Shrimp

Ghost shrimp (Palaemonetes paludosus) merupakan udang kecil yang sering dipelihara dalam akuarium sebagai udang pemakan alga. Udang ini berukuran kecil dan tubuhnya cukup transparan tembus cahaya. Secara alami mereka merupakan omnivora yang akan memakan baik tumbuhan maupun hewan kecil yang dapat mereka tangkap.

ghost shrimp
Ghost shrimp

Glass Frog 

Glass frog (Cenrolenidae) merupakan katak pohon berukuran kecil antara 3 – 7,5 cm. Katak ini hidup di hutan-hutan pegunungan Amerika tengah dan Selatan. Katak ini menghabiskan sebagian besar waktunya di pepohonan dan hanya keluar dari kanopi pohon saat akan kawin. Mereka memiliki tubuh berwarna hijau pucat namun dengan tubuh bagian bawah yang transparan, sehingga dari bawah akan nampak organ-organ tubuh di dalam perutnya. Glass frog umumnya meletakkan telurnya di daun-daun atas sungai, kolam, atau danau. Ketika menetas kecebongnya akan terjatuh dai dalam air dan hidup di air hingga bermetamorfosis menjadi katak.

glass frog
Glass frog

Glasswing Butterfly

Glasswing butterfly (Greta oto) merupakan kupu-kupu yang memiliki sayap transparan. Sayap tembus pandang ini digunakan sebagai kamuflase agar burung dan hewan pemakan serangga tidak bisa melihatnya karena tersamarkan dengan tempat sekitar. Kupu-kupu ini hidup di Amerika tengah dan Selatan dan akan bermigrasi dengan jarak tempuh sekitar 19 mill per hari. Saat musim kawin tiba, jantan akan berkumpul dan menunjukkan semacam ritual perkawinan. Kupu-kupu jantan dengan ritual yang paling bagus akan disukai betina sehingga perkawinan dapat berlangsung.

glasswing butterfly
Glasswing butterfly

Golden Tortoise Beetle

Golden tortoise beetle (Charidotella sexpunctata) merupakan kumbang daun berukuran 5 – 7 mm yang ditemukan di benua Amerika. Kumbang ini memiliki tubuh berwarna coklat hingga keemasan dengan tepi-tepi tubuh melebar dan transparan. Kumbang ini akan bertelur di bagian bawah daun dan larvanya membutuhkan waktu sekitar 3 minggu hingga menjadi kumbang dewasa. Baik larva maupun kumbang dewasa merupakan herbivora pemakan daun, kadang ditemukan pada tumbuhan ubi jalar.

golden tortoise beetle
Golden tortoise beetle

Moon Jellyfish

Moon jellyfish (Aurelia aurita) merupakan jenis ubur-ubur yang tersebar hampir di seluruh dunia. Ubur-ubur ini diberi nama ubur-ubur bulan karena bentuknya yang bundar seperti bulan purnama ketika dilihat dari atas. Ubur-ubur ini memiliki tubuh yang tipis sehingga nampak cukup transparan. Mereka akan memakan plankton, udang mikro, dan hewan kecil lainnya yang melayang-layang pada air. Ubur-ubur memiliki lengan yang dipersenjatai dengan sengat beracun yang dapat melumpuhkan mangsanya.

moon jellyfish
Moon jellyfish

Sea Angel 

Sea angel (Gymnosomata) merupakan hewan kecil dari kelompok gastropoda yang masih bersaudara dengan siput. Pada saat larva sea angel atau bidadari laut memiliki cangkang namun seiring pertumbuhannya cangkang itu akan menghilang. Sea angel adalah penghuni laut yang memiliki bentuk lonjong dengan pelebaran mirip sirip yang digunakan untuk berenang. Hewan ini tubuhnya seakan tembus pandang dan akan memburu hewan-hewan kecil sebagai makanannya.

sea angel
Sea angel

Sea Butterfly

Sea butterfly (Thecosomata) merupakan hewan kecil saudara dari sea angel. Namun kupu-kupu laut ini masih memiliki cangkang hingga mereka dewasa. Mereka berenang memnggunakan pelebaran tubuh yang terletak di bawah cangkangnya, pelebaran tubuh ini akan berkibas-kibas menjadi semacam sirip untuk berenang. Sea buterfly ada yang berukuran sangat kecil seukuran lebih besar dari plankton hingga yang terbesar seukuran buah jeruk.

sea butterfly
Sea butterfly

1 komentar: