Wednesday, June 13, 2018

Mengapa Lemak Penyu Hijau Berwarna Hijau?

Advertisement

Ini lho jawabannya..

Di artikel yang lalu saya sudah menulis tetang asal muasal penamaan penyu hijau. Bagi teman-teman yang ingin tahu kenapa penyu yang kecilnya berwarna hitam dan besarnya berwarna coklat ini kok bisa diberi nama penyu hijau langsung saja cek artikel berikut Asal Penamaan Penyu Hijau. Pokoknya intinya adalah karena si penyu memiliki lapisan lemak yang berwarna kehijauan sehingga diberi nama penyu hijau.

Lemak pada hewan umumnya berwarna putih maupun kekuningan, namun pada penyu hijau lemaknya berwarna hijau mengapa demikian?

Telusur punya telusur ternyata itu disebabkan oleh makanan si penyu.

penyu hijau makan rumput laut
Penyu hijau saat sedang memakan rumput laut

Penyu hijau atau Chelonia mydas alias green sea turtle merupakan herbivora laut yang makanan utamanya adalah rumput laut. Rumput laut yang saya maksud disini adalah benar-benar rumput laut, bukan alga laut ya...nanti akan saya jelaskan perbedaan rumput laut dan alga di kesempatan yang akan datang.

Rumput laut ini banyak tumbuh di sekitar pantai maupun perairan dangkal yang masih tertembus sinar matahari. Namanya rumput, mereka tidak dapat tumbuh apabila tidak mendapat sinar matahari yang cukup. Rumput ini banyak tumbuh di wilayah tropis karena memiliki sinar matahari yang kuat sepanjang tahun.

Rumput laut memiliki kandungan klorofil atau zat hijau daun yang membuatnya mampu berfotosintesis. Rumput laut dalam tubuh penyu hijau akan dicerna dengan bantuan bakteri dan enzim pencernaan untuk menguraikan kandungan karbohidrat, protein, dan lemak yang ada di dalamnya. Klorofil juga akan diuraikan dari daun, dicerna dalam sistem pencernaan dan diserap ke dalam tubuh penyu. Nah..sebagian pigmen hijau klorofil yang diserap tubuh penyu akan diendapkan ke dalam lemak yang menyebabkan lemak tersebut berwarna hijau. Inilah yang menyebabkan lemak penyu hijau berwarna kehijauan.

Lemak dalam tubuh penyu hijau berfungsi sebagai bantalan untuk melindungi organ-organ tubuh yang penting. Selain itu lemak tersebut juga penting sebagai cadangan makanan si penyu. Penyu hijau akan bermigrasi ribuan bahkan ratusan ribu kilometer dari tempatnya mencari makan untuk kembali ke tempat asalnya saat akan bertelur.

Ketika penyu hijau bermigrasi kembali untuk bertelur inilah cadangan lemak di tubuhnya sangat penting sebagai sumber energi. Karena penyu hijau akan melewati samudera yang luas dan belum tentu ada makanan yang cukup di sepanjang perjalanan. Jadi lemak di dalam tubuhnya memiliki peran yang vital.

0 komentar

Post a Comment