Friday, June 22, 2018

Ditemukan Dara Laut Biasa di Dataran Tinggi !

Advertisement

Pagi ini saya benar-benar dibuat kaget oleh kehadiran tamu tak diundang yang sangat tidak umum. Tamu tersebut bernama dara laut biasa/ Sterna hirundo/ common tern yang terbang di atas rumah saya di Wonosobo. Bagaimana saya tidak kaget, biasanya dara laut saya jumpai di sekitar pantai dan laut..lha kok ini bisa-bisanya ditemukan di pegunungan.

Soalnya wonosobo merupakan dataran tinggi yang jauh dari laut. Pantai terdekat jaraknya sekitar 73 km dan memakan 2 jam lebih untuk sampai disana.

Tadi saya sedang santai dan iseng mengamati ikan di kolam belakang rumah sambil berjemur untuk menghangatkan diri (soalnya hari sabtu libur kerja). Tiba-tiba perhatian saya teralihkan ketika melihat sepasang burung yang terbang mendekat di atas rumah saya. Burung tersebut terbang pada ketinggian sekitar 5 meter dari atap rumah.

common tern
Saya tidak sempat mengambil foto, namun kira-kira penampakannya seperti ini

Ketika masih jauh saya tidak bisa menganali jenisnya, namun ketika sudah agak dekat menjadi kagetlah saya karena yang saya jumpai adalah dara laut biasa. Wow....pikiran saya jadi kemana-mana...kok bisa si burung laut ini sampai di Wonosobo. Apa dia hilang arah, atau sedang dalam perjalanan migrasi, atau sedang plesir ingin menonton festival balon??

Sambil terbang seekor dara laut sempat bersuara yang bunyinya kira-kira menyerupai...kliit erg kliit erg. Sayangnya sebelum saya sempat mengamati lebih jauh, burung itu sudah menghilang karena pandangan saya tertutup bangunan lain.

Kondisi pagi ini ketika saya menjumpai burung itu adalah sebagai berikut.
  • Hari, tanggal: Sabtu, 23 Juni 2018
  • Waktu perjumpaan: 08.25 WIB
  • Cuaca: cerah sedikit berawan
  • Ketinggian: 849 mdpl (diukur dengan aplikasi altimeter)
  • Lokasi perjumpaan: Dusun Madusari, Maduretno, Kalikajar, Wonosobo
  • Individu yang dijumpai: 2 ekor
  • Aktivitas burung: terbang
  • Alat pengataman: tanpa alat

Saya catat di blog ini untuk melawan lupa, dan barangkali suatu saat ada teman-teman pengamat burung yang menemukan kejadian yang mirip seperti saya maka dapat dijadikan sebagai data pembanding.

Sampai saat saya menulis tulisan ini saya masih terheran-heran..namun saya sungkan untuk mencatat hasil penemuan saya di Burungnesia, saya tulis di blog ini saja lah.

Baca juga: daftar Burung-Burung di Wonosobo

0 komentar

Post a Comment