Mengapa Hanya Gliseraldehida 3 Fosfat (GDP) yang Diubah Menjadi Asam Piruvat?

Glikolisis merupakan langkah awal dalam respirasi aerob dimana dalam proses ini 1 molekul glukosa akan diproses menjadi 2 asam piruvat dengan menghasilkan 2 ATP dan 2 NADH. Glukosa akan menjalani 10 tahap reaksi untuk menghasilkan asam piruvat. Nah dalam langkah ke-4 terjadi pemecahan fruktosa 1,6 difosfat menjadi dihidroksiaseton fosfat (DHAP) dan gliseraldehida 3 fosfat (GDP). Yang menjadi fokus utama dalam artikel kali ini adalah mengapa hanya gliseraldehida 3 fosfat yang dapat diproses menjadi asam piruvat? Mengapa dihidroksiaseton fosfat tidak bisa diproses menjadi asam piruvat?

DHAP dan GDP
Fruktosa 1,6 difosfat diubah menjadi DHAP dan GDP

Jawabannya sebenarnya cukup sederhana..ini berkaitan dengan struktur dari kedua molekul tersebut.
  • Dihidroksiaseton fosfat memiliki gugus keton dalam molekulnya akibatnya tidak dapat diproses menjadi asam piruvat.
  • Sedangkan gliseraldehida 3 fosfat memiliki gugus aldehid sehingga mampu diproses enjadi asam piruvat.
  • Oleh karena itu dihidroksiaseton fosfat akan diubah dulu menjadi gliseraldehida 3 fosfat sebelum menjalani proses selanjutnya. 
Cukup sederhana kan, intinya terletak pada struktur molekulnya..dimana gugus keton tidak dapat diproses menjadi asam piruvat sedangkan gugus aldehid dapat diproses menjadi asam piruvat.

Selesai.... 

1 komentar:

  1. Kak bisa jelaskan yang mana struktur keton nya dan kenapa keton itu tidak bsa di ubah jd asam piruvat. Terimakaih kak

    ReplyDelete