Interaksi Antar Komponen Biotik

Komponen biotik adalah makhluk hidup yang ada di suatu ekosistem. Suatu jenis makhluk hidup tidak dapat hidup sendiri, mereka harus berinteraksi dengan organisme lain untuk dapat terus bertahan hidup. Interaksi-interaksi tersebut ada yang menguntungkan kedua belah pihak, menguntungkan salah satu pihak, ataupun merugikan salah satu pihak. Interaksi yang terjadi antar makhluk hidup dalam ekosistem adalah sebagai berikut.

Predasi (termasuk parasitisme)
Merupakan hubungan dimana salah satu jenis akan memangsa jenis yang lain. Yang dimaksud memangsa disini bisa memangsa seluruh bagian tubuh ataupun hanya memangsa sebagian kecil dari tubuhnya. Contoh predasi adalah interaksi antara singa dengan rusa, dan kutu dengan kucing.

Kompetisi
Merupakan hubungan yang menyebabkan munculnya persaingan antara dua jenis makhluk hidup. Kompetisi menyebabkan munculnya rasa saling memusuhi karena kedua belah pihak merasa paling pantas untuk memperoleh apa yang diinginkannya. Contoh kompetisi adalah harimau dengan macan tutul, keduanya berkompetisi untuk mendapatkan babi hutan sebagai makanannya.

hiu dan remora
Komensalisme antara ikan hiu dan remora

Komensalisme
Merupakan hubungan yang menyebabkan satu jenis makhluk hidup memperoleh keuntungan, sedangkan jenis yang lain tidak dirugikan. Komensalisme tidak memunculkan kerugian pada pihak manapun. Contoh komensalisme adalah ikan remora dan ikan hiu. Remora memperoleh sisa-sisa makanan dan perlindungan dari hiu, sedangkan hiu tidak diuntungkan maupun dirugikan oleh adanya ikan remora yang menempel pada tubuhnya.

Mutualisme
Merupakan hubungan yang menyebabkan keuntungan pada kedua belah pihak. Contohnya adalah pada kerbau dan burung jalak. Kerbau memperoleh keuntungan karena kutu tubuhnya dimakan jalak, sedangkan jalak sendiri memperoleh makanan yang sangat disukainya.

Baca juga:

0 komentar

Post a Comment