Sunday, May 3, 2015

Aliran Energi pada Ekosistem

Advertisement

Komponen biotik dan abiotik saling berinteraksi dalam ekosistem dan berperan dalam proses aliran energi. Aliran energi adalah proses perpindahan energi dari satu organisme ke organisme yang lain. Dalam ekosistem, aliran energi dapat berupa rantai makanan maupun jaring-jaring makanan.

Rantai makanan

Rantai makanan adalah proses makan dan dimakan yang terjadi di ekosistem. Tumbuhan sebagai produsen merupakan makanan bagi herbivora (konsumen primer). Herbivora kemudian dimakan oleh karnivora (konsumen sekunder), yang selanjutnya juga akan dimakan oleh kornivora yang lebih besar (konsumen tersier). Tumbuhan menempati tingkatan trofik pertama, herbivora menempati tingkatan trofik kedua, karnivora I menempati tingkatan trofik ketiga, demikian seterusnya hingga trofik terakhir.

Rantai makanan

Jaring-jaring makanan

Jaring-jaring makanan adalah proses rantai makanan yang saling menjalin dan kompleks pada ekosistem. Seekor hewan mungkin akan memakan lebih dari satu jenis makanan sehingga akan terjalin rangkaian dari berbagai macam rantai makanan yang ada.

Jaring-jaring makanan

Piramida ekologi

Piramida ekologi adalah suatu piramida yang menggambarkan perbedaan pada tingkatan trofik di ekosistem. Terdapat 3 jenis piramida ekologi yang digunakan yaitu piramida jumlah, piramida biomassa, dan piramida energi.

Piramida jumlah
Piramida jumlah adalah piramida yang menggambarkan perbedaan jumlah individu pada masing-masing tingkatan trofik. Tingkatan trofik yang lebih rendah akan memiliki jumlah invividu yang lebih banyak dibandingkan tingkatan trofik di atasnya. Misalnya saja pada ekosistem savana, rumput sebagai tingkatan trofik yang paling rendah memiliki jumlah individu yang lebih banyak dibandingkan dengan rusa yang memakan rumput tersebut.

Piramida jumlah dan biomassa

Piramida biomassa
Piramida biomassa adalah piramida yang menggambarkan perbedaan biomassa (massa) masing-masing tingkatan trofik. Tingkatan trofik yang lebih rendah akan memiliki total massa (massa seluruh individu) yang lebih besar dibandingkan tingkatan trofik di atasnya.

Piramida energi

Piramida energi
Piramida energi adalah piramida yang menggambarkan perbedaan anergi pada masing-masing tingkatan trofik. Tingkatan trofik yang rendah (produsen) memiliki total energi yang lebih banyak bila dibandingkan tingkatan trofik di atasnya. Jumlah energi dihitung dari masa tubuh seluruh tingkatan trofik tersebut. Masa tubuh merupakan cadangan makanan yang dapat dioleh untuk menjadi energi. Tingkatan trofik yang tinggi akan memiliki jumlah energi yang lebih sedikit karena tidak semua makanan yang dimakannya akan diseimpan menjadi masa tubuh, sebagian makanannya akan diolah menjadi energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Baca juga:

0 komentar

Post a Comment