Hormon Reproduksi Manusia

Reproduksi adalah proses penting untuk menghasilkan keturunan sebagai generasi penerus baru. Proses reproduksi merupakan proses rumit dan dikontrol oleh berbagai mekanisme, salah satunya oleh sistem hormon. Hormon-hormon yang berperan dalam reproduksi dan pembentukan ciri kelamin sekunder manusia disebut dengan hormon reproduksi. Hormon-hormon reproduksi pada manusia adalah sebagai berikut.


Hormon
Peran hormon
Pria

Follicle stimulating hormone (FSH)
Merangsang spermatogenesis
Luteinizing hormone (LH)
Merangsang sekresi testosteron oleh sel leydig
Testosteron (androgen)
Merangsang pembentukan ciri kelamin sekunder pria (tumbuhnya rambut di beberapa bagian tubuh, tumbuh jakun, dan suara membesar)
Wanita

Follicle stimulating hormone (FSH)
Merangsang pertumbuhan folikel ovarium dan sekresi estradiol
Luteinizing hormone (LH)
Merangsang ovulasi, mengubah folikel menjadi korpus luteum, dan sekresi estradiol dan progesteron oleh korpus luteum
Estradiol  (estrogen)
Merangsang pembentukan ciri kelamin sekunder wanita (perkembangan buah dada, pinggul, dan suara lembut), mempersiapkan uterus untuk kehamilan
Progesteron
Menyempurnakan uterus untuk terjadinya kehamilan, membantu menjaga ciri kelamin sekunder wanita
Oksitosin
Merangsang kontraksi uterus dan pengeluaran susu
Prolaktin
Merangsang produksi susu

Hewan dalam kelas mamalia juga memiliki hormon reproduksi yang sama dengan manusia. Apabila salah satu hormon tidak diproduksi dalam jumlah cukup dapat mengganggu berlangsungnya kegiatan reproduksi. Misalnya saja apabila seorang wanita tidak memproduksi estradiol dalam jumlah cukup, dapat mengakibatkan buah dada dan uterus tidak berkembang sempurna sehingga fisiknya menjadi menyerupai pria dan sulit memperoleh keturunan.

0 komentar

Post a Comment