Pembuahan Tunggal pada Gymnospermae

Pembuahan tunggal adalah pembuahan pada gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka) dimana hanya terjadi satu proses penyatuan sel sperma dengan sel telur. Pembuahan tunggal berbeda dengan pembuahan ganda yang terjadi pada angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup).

Pembuahan tunggal pada artikel ini akan membahas khususnya pembuahan pada pinus. Tumbuhan ini tidak memiliki bunga, tapi memiliki struktur reproduksi yang disebut konus. Konus terdiri atas dua jenis yaitu konus jantan dan konus betina yang terdapat pada pohon yang sama. Konus betina biasanya dibentuk di tajuk atas pohon sedangkan konus jantan dibentuk di tajuk bawah.

Konus betina lebih bersisik dan lebih besar dibandingkan dengan konus jantan. Konus jantan menghasilkan mikrospora yang akan berkembang menjadi sebuk sari (gametofit jantan) dan konus betina menghasilkan megaspora yang akan tumbuh menjadi gametofit betina.

konus pinus
Konus betina (atas) dan konus jantan (bawah)

Proses penyerbukan pinus dibantu oleh angin atau serangga, angin atau serangga akan membawa mikrospora dari konus jantan menuju konus betina agar terjadi pembuahan.

Proses pembuahan tunggal pada gymnospermae adalah sebagai berikut.
  • Serbuk sari akan jatuh pada konus betina dan ditarik masuk ke dalam bakal biji.
  • Serbuk sari akan membentuk tabung serbuk sari yang berfungsi membuka jalan menuju sel telur.
  • Sel sperma dari serbuk sari akan membuahi sel telur dan terjadi pembuahan menghasilkan zigot.
Pembuahan pada pinus disebut sebagai pembuahan tunggal karena hanya terjadi pembuahan untuk menghasilkan zigot. Sedangkan pembuahan ganda pada angiospermae terjadi dua macam pembuahan dengan hasil zigot dan endosperma.

Zigot akan berkembang menjadi embrio yang masih terdapat di dalam gametofit betina. Gametofit betina menyediakan persediaan makanan bagi embrio pinus. Biji tumbuhan pinus terdiri atas embrio yang terletak dalam jaringan gametofit betina yang dibungkus oleh selaput biji. Selain itu, biji pinus memiliki struktur mirip sayap agar biji pinus mudah diterbangkan oleh angin sehingga dapat tumbuh di tempat yang jauh dari induknya.

Pembuahan tunggal pada pinus

Yang unik dari tumbuhan pinus adalah bahwa proses pembuahan pembuahan terjadi lebih dari satu tahun setelah proses penyerbukan. Hal ini didukung dengan struktur konus yang keras dan tidak cepat busuk sehingga bisa bertahan sangat lama, berbeda dengan bunga yang angiospermae yang hanya dapat bertahan selama beberapa hari saja.

0 komentar

Post a Comment