Kutikula pada Manusia, Hewan, Tumbuhan, dan Jamur

Kutikula adalah lapisan luar dari bagian tubuh organisme yang bersifat kuat dan lentur yang berfungsi untuk perlindungan. Kutikula terdapat pada tumbuhan, hewan, jamur, maupun manusia.

Kutikula pada tumbuhan

Kutikula tumbuhan merupakan lapisan yang mengandung zat lilin yang diproduksi oleh sel epidermis daun, ujung batang dan bagian-bagian yang bersentuhan dengan udara lainnya. Komponen utama penyusun kutikula adalah kutin dan zat lilin. Kutikula memiliki struktur yang rumit dan berlapis-lapis.

Lapisan pertama merupakan timbunan zat lilin yang disebut sebagai lapisan lilin epikutikuler. Lapisan berikutnya merupakan kutikula sebenarnya yang mengandung kutin dan zat lilin. Lapisan di bawahnya terdiri atas beberapa lapis kutikula yang tersusun atas selulosa, kutin, dan zat lilin. Lapisan pektin merupakan pemisah antara kutikula dengan dinding sel epidermis. Kutikula tumbuhan berperan untuk mengurangi penguapan dan melindungi dari serangan patogen.

kutikula tumbuhan
Kutikula tumbuhan

Kutikula tumbuhan bersifat permeabel terhadap air dan molekul larut air. Tumbuhan xerofit seperti kaktus biasanya memiliki lapisan kutikula yang tebal untuk kelangsungan hidupnya di lingkungan yang kering. Tumbuhan yang hidup disekitar lautan memiliki kutikula yang lebih tebal untuk melindungi dari efek beracun garam. Sifat kutikula yang menolak air tampak jelas pada daun tanaman talas yang tidak basah apabila terkena air.

Kutikula pada manusia dan hewan

Kutikula manusia merupakan lapisan kulit yang berada di belakang kuku, bagian ini juga sering disebut dengan dasar kuku. Lapisan ini seperti kulit tipis yang melapisi bagian pangkal kuku. Ketika melakukan perawatan kuku sebaiknya jangan sampai merusak bagian kutikula karena dapat menyebabkan infeksi pada kuku.

kutikula kuku
Kutikula (cuticle) pada kuku

Kutikula juga terdapat pada rambut manusia dan hewan. Kutikula merupakan lapisan sel-sel mati yang terletak paling luar dari rambut. Kutikula rambut akan melindungi korteks dan medula yang terletak di bagian dalam kutikula.

Hewan arthropoda  seperti belalang, kumbang, dan kaki seribu memiliki kutikula yang membentuk eksoskeleton, tersusun atas khitin, protein, lemak, dan katekolamin. Nematoda seperti cacing tanah memiliki kutikula yang membentuk eksoskeleton tersusun atas kolagen, cutiklin, glikoprotein dan lemak. 

Kutikula pada jamur

Jamur memiliki kutikula pada lapisan luar tubuh buahnya (basidiokarp). Lapisan ini adalah bagian yang dikupas ketika jamur kancing atau jamur merang akan dimasak. Lapisan ini akan melindungi jaringan jamur dari kerusakan dan mencegah penguapan air yang berlebihan.

0 komentar

Post a Comment