Kenapa Vena Terlihat Biru?

Manusia memiliki 2 macam pembuluh darah, yaitu pembuluh arteri dan vena. Pembuluh arteri atau nadi mengalirkan darah ke luar dari jantung sedangkan pembuluh vena atau balik mengalirkan darah menuju jantung. Pembuluh nadi bersifat elastis dan terletak lebih dalam pada tubuh, sedangkan pembuluh vena bersifat kurang elastis dan terletak lebih ke arah luar yang nampak kebiruan di permukaan tubuh.

Kenapa vena terlihat kebiruan? padahal isinya merupakan darah yang berwarna merah gelap.
Hal tersebut dapat terjadi karena sinar biru tidak menembus sedalam sinar merah dalam jaringan tubuh. Darah yang membawa karbondioksida di vena memiliki koefisien penyerapan yang lebih besar terhadap cahaya pada spektrum warna merah. Hal tersebut menyebabkan warna merah diserap dan cahaya biru dipantulkan sehingga yang ditangkap oleh mata adalah warna kebiruan.

pembuluh darah vena biru
Pembuluh vena nampak kebiruan di tangan

Perbedaan warna arteri dan vena akan lebih mudah dibandingkan pada pembuluh yang terletak di kedalaman yang sama. Vena lebih nampak kebiruan dibandingkan arteri walaupun memiliki diameter dan kedalaman yang sama. Hal ini karena darah pada vena memiliki kandungan karbondioksida yang lebih tinggi.

Karbondioksida dalam darah akan berikatan dengan hemoglobin dalam sel darah merah. Pada arteri hemoglobin berikatan dengan oksigen yang akan disalurkan ke seluruh bagian tubuh, sedangkan pada vena hemoglobin membawa karbondioksida dari seluruh tubuh menuju paru-paru.

Pembuluh vena yang berwarna biru sering dimanfaatkan oleh pengguna narkoba untuk menyuntikkan narkoba langsung ke dalam pembuluh tersebut. Narkoba yang masuk pembuluh darah akan lebih cepat terasa efeknya dibandingkan yang tidak masuk pembuluh darah. Oleh karena itu di toilet-toilet umum kadang dipasang lampu berwarna biru agar pengguna narkoba tidak bisa melihat vena di tangannya.

Lampu yang berwarna biru akan membuat seluruh bagian tubuh berwarna kebiruan sehingga pengguna narkoba tidak dapat menemukan vena yang juga berwarna kebiruan. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba di tempat-tempat umum.

2 komentar:

  1. terimakasih banyak, sangat menarik sekali pembahasannya..

    http://landongobatherbal.com/obat-herbal-penyakit-jantung-koroner/

    ReplyDelete
  2. Kalau warna nya hijau, biru ,hitam , kenapa? Faktor penyebab nya apa?

    Mhon di bantu jawab terimkasih

    ReplyDelete