Arwana Super Red

Arwana merupakan ikan hias populer yang menjadi lambang prestise sebagian orang. Ikan dari famili Osteoglossidae ini memiliki tubuh yang indah dengan sisik yang besar dan nampak kuat, ikan dewasa dapat mencapai panjang 90 cm. 

arwana super red
Arwana Super Red (Scleropages formosus).
Terdapat berbagai macam jenis arwana di dunia seperti brazil arwana, silver arwana dan masih banyak lagi. Di antara semua arwana, terdapat satu jenis yang sangat diminati hobiis ikan hias karena warnanya yang sangat indah yaitu arwana super red (Scleropages formosus). Arwana asli Indonesia yang menjadi primadona ekspor ikan hias Indonesia. Seperti namanya, super red, ikan ini memiliki warna kemerahan pada tubuhnya terutama pada ujung sisik, pipi, dan pada sirip.

Habitat dan Tingkah Laku

Arwana super red secara alami dapat ditemukan di sungai kapuas dan danau-danau di barat kalimantan. Ikan ini hidup pada sungai dengan warna air gelap dan mengalir pelan, pada daerah-daerah lahan gambut yang asam. 
habitat ikan arwana
Sungai Kapuas habitat ikan arwana

Arwana adalah ikan karnivora (pemakan daging) dan memiliki sifat soliter (lebih senang menyendiri). Arwana dewasa mengkonsumsi ikan lain dan hewan-hewan kecil seperti katak, arwana kecil mengkonsumsi serangga. Mereka lebih suka mencari makan yang ada di permukaan air karena mulut mereka memiliki desain membuka ke atas. Arwana bisa melompat tinggi di atas permukaan air untuk menangkap mangsa yang terbang di atas air seperti capung.

Reproduksi Arwana

Ikan jantan dan ikan betina memiliki paduan warna yang serupa. Arwana akan mengalami kematangan seksual dan siap bertelur saat berumur 3-4 tahun. Ikan betina akan bertelur sebanyak 30-90 butir yang berukuran cukup besar. Setelah telur dibuahi, ikan jantan akan menjaga telur dalam mulutnya (mouthbreeding). Ikan jantan menjaga telur untuk melindungi dari gangguan predator dan meningkatkan harapan hidup arwana kecil.
mouthbreeding
Bayi arwana dalam mulut jantan.
Ikan jantan dan betina dapat dibedakan dari ukuran kepala dan mulut. Kepala dan mulut jantan yang nantinya akan digunakan untuk menjaga telur dan bayi arwana tentu berukuran lebih besar dibandingkan kepala dan mulut betina. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
arwana jantan dan betina
Perbedaan jantan dan betina.

Status Perlindungan

Arwana super red merupakan ikan yang dilindungi, dengan status keterancaman EN (Endangered), artinya jumlahnya di alam dalam bahaya karena terus diburu. Arwana super red masuk dalam apendiks II IUCN (International Union for Concervation of Nature) sehingga menyebabkan perdagangan arwana super red hasil tangkapan alam dilarang diseluruh dunia. Untuk perdagangan dibatasi pada ikan hasil peternakan sehingga tiap ikan memiliki sertifikat yang resmi. Karena hal itu, dewasa ini muncul banyak peternak-peternak arwana super red yang tergiur akan keindahan dan harganya yang mahal di pasaran.
pemasangan chip arwana
Pemasangan chip pada ikan arwana
Super red yang diperjualbelikan harus memiliki sertifikat, surat lahir, dan chip yang dipasang di bawah sisiknya. Memelihara dan memperjualbelikan arwana super red tanpa ijin bisa mendapat tuntutan hukum pidana karena melanggar undang-undang.

Arwana dalam Tradisi

Arwana dalam tradisi china dikenal dengan sebutan ikan naga karena bentuknya yang mirip dengan legenda naga di china. Naga memiliki kumis demikian juga pada arwana yang memiliki kumis pada ujung rahang bawah (kumis pada arwana digunakan untuk membantunya merasakan keadaan lingkungan sekitar dan sebagai indra peraba). Sisik-sisik yang besar pada naga juga terdapat pada arwana, dan sirip bawah arwana yang besar disamakan dengan kaki-kaki naga.

Para penganut feng shui menganggap bahwa menaruh air (akuarium) di tempat "chi berkumpul" di dalam rumah akan menjadi sumber energi yin, dengan memelihara ikan arwana yang berwarna merah dan emas akan menyeimbangkan enrgi yin dan yang.

Arwana dalam Akuarium

Arwana adalah ikan yang sangat populer di bisnis akuarium. Ikan ini memiliki harga yang sangat mahal terutama untuk ikan dengan kualitas yang sangat bagus. Arwana super red yang dijual di akuarium harus memiliki sertifikat khusus dan diternak di farm yang memiliki ijin. Ikan ini tidak boleh sembarang dibudidayakan karena termasuk jenis ikan yang dilindungi undang-undang.
blood red arwana
Arwana merah jenis blood red

Ikan arwana merah dikelompokkan menjadi 4 varietas, yaitu merah darah (blood red), merah cabai (chili red), merah orange (orange red), dan merah emas (golden red). Dari ke-empat jenis arwana tersebut jenis blood red dan chili red memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan orange red dan golden red.

0 komentar

Post a Comment