Saturday, July 9, 2016

Berkenalan dengan Famili Ranidae Katak

Advertisement

Ranidae merupakan katak yang sangat umum ditemukan di berbagai belahan dunia. Mereka disebut sebagai "true frog" atau katak sesungguhnya dan merupakan katak yang paling mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Anggota famili ini hidup di semua benua kecuali antartika. Ranidae memiliki ciri khas berupa kulit yang halus dan lembab, kaki yang kuat, serta kaki belakang yang berselaput untuk membantunya berenang.

Katak dari famili ini umumnya hidup tidak jauh dengan perairan, namun ada juga yang hidup di pohon dan mengubur diri dalam tanah. Mereka akan bertelur di air dan menetas menjadi kecebong yang kemudian mengalami metamorfosis menjadi katak.

kongkang kolam
Kongkang kolam (Hylarana chalconota)

Metamorfosis diawali dengan munculnya kaki belakang, kaki depan, terbentuk tubuh katak, dan diakhiri dengan menghilangnya ekor sedikit demi sedikit. Ekor tersebut tidak terputus, namun sel-selnya melakukan penghancuran diri sendiri sedikit demi sedikit hingga akhirnya ekor tersebut seakan-akan semakin pendek dan menghilang.

Terdapat lebih dari 600 jenis katak yang masuk famili ranidae dengan ukuran tubuh yang bervariasi. Ranidae terkecil merupakan jenis Lithobates sylvatica, sedangkan yang terbesar adalah Conraua goliath. Ranidae kecil merupakan pemakan serangga, sedangkan jenis yang berukuran besar dapat memangsa tikus dan vertebrata lain.

Hylarana chalconota atau kongkang kolam adalah katak kecil yang cukup umum di Jawa. Mereka biasa ditemukan di dekat air, baik sungai, sawah, maupun kolam ikan di sekitar rumah.

Conraua goliath atau katak goliath merupakan ranidae terbesar yang ukuran tubuhnya dapat mencapai 32 cm dengan berat 3,25 kg. Katak goliath memiliki persebaran yang sangat terbatas di sekitar Kamerun. Katak goliath akan bertelur di sekitar air terjun dan memiliki ukuran kecebong yang luar biasa besar.

0 komentar

Post a Comment