Pengertian Volume Pernapasan dan Kapasitas Paru-Paru

Volume pernapasan atau volume paru-paru adalah volume udara di dalam paru-paru pada waktu tertentu selama siklus pernapasan. Volume pernapasan antara orang satu dan lainnya berbeda-beda tergantung ukuran paru-paru, kekuatan bernapas, dan cara bernapas. Untuk mengukur volume udara yang masuk dan keluar paru-paru digunakan alat yang disebut spirometer.

Macam-macam volume udara pernapasan adalah sebagai berikut.

Volume tidal

Volume tidal adalah volume udara yang masuk maupun keluar paru-paru saat pernapasan biasa, rata-rata volume tidal pada orang dewasa adalah 500 ml.

Volume cadangan inspirasi (volume komplementer)

Volume cadangan inspirasi adalah volume udara yang masih dapat dihisap sekuat-kuatnya setelah pernapasan biasa. Jumlah volume cadangan inspirasi kurang lebih 1500 ml.

Volume cadangan ekspirasi (volume suplementer)

Volume cadangan ekspirasi adalah volume udara yang masih bisa dihembuskan sekuat-kuatnya setelah pernapasan biasa. Jumlah volume cadangan ekspirasi adalah 1500 ml.

Volume residu (volume sisa)

Volume residu adalah volume udara yang masih tetap berada di dalam paru-paru setelah kita menghembuskan napas sekuat-kuatnya. Volume residu sekitar 1000 ml.

volume pernapasan dan kapasitas paru-paru
Volume dan kapasitas paru-paru, 1 ml sama dengan 1 cc


Dari keempat volume udara tersebut dapat diketahui kapasitas paru-paru sebagai berikut.

Kapasitas inspirasi

Kapasitas inspirasi adalah jumlah dari volume tidal ditambah dengan volume cadangan inspirasi. Rata-rata kapasitas inspirasi kurang lebih 2000 cc.

Kapasitas residu fungsional

Kapasitas residu fungsional adalah jumlah dari volume cadangan ekspirasi ditambah dengan volume residu. Jumlahnya kurang lebih 2500 cc.

Kapasitas vital

Kapasitas vital paru-paru adalah jumlah volume cadangan inspirasi ditambah volume tidal, dan valume cadangan ekspirasi. Jumlahnya sekitar 3500 cc.

Kapasitas total paru-paru

Kapasitas total paru-paru adalah jumlah dari kapasitas vital ditambah dengan volume residu. Jumlah kapasitas total paru-paru pada orang dewasa sekitar 4500 cc.

Baca juga Soal Sistem Respirasi Kelas XI SMA

0 komentar

Post a Comment