Thursday, April 23, 2015

Burung Cerek Kernyut

Advertisement

Cerek Kernyut adalah burung migran yang kadangkala mendatangi Indonesia sebagai persinggahan saat tempat asalnya sedang mengalami musim dingin. Burung ini dapat menempuh jarak ribuan kilometer dalam usahanya mencapai tempat singgah sementara. Mereka biasa bermigrasi dalam kelompok besar dan mampu terbang sangat lama tanpa istirahat. Baca juga Cara Burung Menemukan Arah SaatMigrasi.

cerek kernyut
Cerek Kernyut diluar musim kawin


Burung ini berukuran sedang, kurang lebih 25 cm dengan warna tubuh coklat keemasan sehingga mereka juga diberi nama Pacifik Golden Plover. Tubuhnya bercoret kehitaman dan putih dengan paruh dan kaki berwarna gelap. Saat musim kawin tiba, bulu-bulu di wajah, leher, dan perut akan berubah warna menjadi hitam baik pada jantan maupun betina.

Cerek kernyut berkembangbiak di belahan bumi utara meliputi daerah Kanada, Greenland, dan daerah artik lainnya. Di Indonesia mereka merupakan pengunjung yang dapat ditemukan di hampir semua wilayah Indonesia. Mereka menyukai daerah pantai dengan banyak pasir sebagai tempat istirahat dan mencari makan. Kadangkala mereka nampak mencari makan di persawahan dan tempat-tempat lapang yang tidak jauh dari pantai.

Burung ini bukanlah burung yang dilindungi karena jumlahnya masih sangat banyak di alam. Burung ini juga tidak menjadi objek jual beli burung karena tidak memiliki suara yang indah. Pada waktu flu burung sedang merebak di berbagai belahan dunia, burung-burung migran seperti cerek kernyut kemungkinan menjadi salah satu penyebab virus flu burung dapat menyebar dari satu negara ke negara yang lain.

0 komentar

Post a Comment