Monday, February 2, 2015

Penampang Selaput Bawang Merah

Advertisement

Selaput bawang merah kerap dijadikan bahan praktikum untuk mengetahui struktur sel secara sederhana di sekolah. Selaput bawang merah dipilih karena mudah dicari dam dipersiapkan sehingga siswa SMP maupun SMA tidak kesulitan dalam mempraktikkannya.

Selaput bawang merah dapat diambil dari permukaan dalam maupun permukaan luar dari lembaran bulbus bawang merah. Selaput ini dapat ditarik dengan bantuan pinset maupun dengan tangan kosong menggunakan kuku yang agak panjang. Selaput tersebut kemudian diamati di bawah mikroskop sebagai bahan pembelajaran bagi siswa.

Pada selaput ini, siswa tidak dapat melihat struktur lengkap dari organel sel. Siswa hanya dapat melihat bentuk sel, dinding sel, nukleus (inti sel), dan sitoplasma saja. Selaput bawang merah sangat baik digunakan agar siswa mengetahui bentuk sel-sel selaput bawang merah dan adanya nukleus dalam sel.

Penampang selaput bawang merah adalah sebagai berikut.


Dalam gambar tersebut nampak sekali bentuk dari sel-sel yang menyusun selaput bawang merah. Organel-organel sel lain selain nukleus tidak nampak dalam selaput bawang merah dengan metode pengamatan sederhana. Untuk dapat melihat organel sel secara lengkap, perlu dilakukan tindakan perwarnaan organel sel sehingga nampak dalam mikroskop.

0 komentar

Post a Comment