Friday, February 6, 2015

Kingdom Plantae

Advertisement

Plantae adalah organisme yang kita kenal dengan nama tumbuhan. Mereka memiliki sel-sel yang berdinding sel sehingga membuat struktur tubuhnya menjadi keras. Mereka juga memiliki organel kloroplas yang memungkinkan terjadinya proses fotosintesis untuk menghasilkan makanan sendiri. Tumbuhan mengalami pergiliran keturunan dalam kehidupannya, dimana terdapat fase gametofit dan fase sporofit yang terjadi bergantian.

Tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tumbuhan tidak berpembuluh dan tumbuhan berpembuluh. Pembuluh yang dimaksudkan disini adalah pembuluh angkut berupa xilem dan floem yang mengangkut air dan hasil fotosintesis pada tubuh tumbuhan. Tumbuhan-tumbuhan sederhana seperti lumut tidak memiliki pembuluh nagkut, air dan hasil fotosintesis akan didistribusikan dari sel ke sel tetangganya secara bergantian. Sedangkan tumbuhan tingkat tinggi yang banyak disekitar kita, memiliki pembuluh angkut yang sempurna.

Kingdom plantae dapat dibagi menjadi 12 divisio berdasarkan ciri-ciri yang dimilikinya. Ke 12 divisio tumbuhan adalah sebagai berikut.

Tumbuhan tidak berpembuluh

Hepatophyta
Hepatophyta
Hepatophyta
Hepatophyta adalah kelompok lumut hati, mereka memiliki bentuk menyerupai hati dan biasa hidup di tempat lembab. Lumut hati mampu bereproduksi secara seksual dengan membentuk anteridium dan arkegonium maupun secara aseksual dengan membentuk gemma cup.


Briophyta
briophyta
Briophyta
Briophyta adalah kelompok lumut daun, mereka memiliki struktur mirip daun mini walaupun tidak dapat dikatakan sebagai daun sesungguhnya. Mereka juga mempunyai struktur mirip akar dan mirip batang namun bukan akar dan batang sesungguhnya.


Anthocerophyta
Anthocerophyta
Anthocerophyta
Anthocerophyta adalah kelompok lumut tanduk. Dikatakan demikian karena mereka memiliki struktur reproduksi yang bentuknya mirip dengan tanduk.





Tumbuhan berpembuluh

Psilophyta
Psilophyta
Psilophyta
Psilopyta adalah kelompok tumbuhan paku primitif dimana mereka tidak memiliki daun. Tubuhnya terdiri atas batang yang ditumbuhi sporangium (kotak spora). Organ pencari airnya bukanlah akar sejati tapi merupakan rhizoid.




Lycophyta
Lycophyta
Lycophyta
Lycophyta adalah kelompok paku kawat. Dinamakan paku kawat karena mereka memiliki batang seperti kawat dengan daun-daun kecil yang berbentuk seperti sisik. Sporangium dari lycophyta terkumpul dalam satu kesatuan membentuk strobilus.



Equisetophyta
Equisetophyta
Equisetophyta
Equisetophyta merupakan kelompok paku ekor kuda. Tubuhnya tersusun atas batang panjang dengan daun-daun kecil yang tersusun melingkar. Pada ujung batangnya kadang akan terbentuk strobilus yang merupakan kumpulan sporangium. Bila diperhatikan sekilas bentuknya mirip dengan ekor kuda.


Pterophyta
Pterophyta
Pterophyta
Pterophyta adalah paku sejati, dan merupakan tumbuhan paku yang dianggap paling modern. Mereka memiliki daun yang cukup besar dan terbentuk sorus di bawah dun-daunnya. Sorus adalah suatu kotak yang di dalamnya merupakan kumpulan sporangium. Beberapa paku sejati memiliki batang yang sangat tinggi dan daun majemuk yang besar.

Pinophyta
Pinophyta
Pinophyta
Pinophyta adalah kelompok tumbuhan pinus. Merupakan tumbuhan gymnospermae (berbiji terbuka) yang memiliki daun mirip jarum. Tumbuhan pinus tidak akan menggugurkan daunnya saat musim dingin karena memiliki karbohidrat khusus yang tahan terhadap suhu dingin.


Cycadophyta
cycadophyta
Cycadophyta
Cycadophyta adalah kelompok tumbuhan pakis haji. Gymnospermae yang memiliki struktur daun mirip pohon kelapa. Pakis haji betina dan jantan terpisah pada pohon yang berbeda.




Ginkgophyta
gingophyta
Ginkgophyta
Ginkgophyta adalah divisio yang anggotanya hanya satu jenis tanaman yaitu Ginkgo biloba. Tumbuhan gymnospermae ini memiliki daun mirip kipas dengan buah yang berbentuk bulat. Karena keindahannya, tumbuhan ini sering dijadikan sebagai penghias taman.


Gnetophyta
gnetophyta
Gnetophyta
Gnetophyta adalah kelompok tumbuhan melinjo. Melinjo adalah gymnospermae yang memiliki morfologi mirip dengan angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup). Mereka memiliki batang yang tinggi dan bentuk tulang daun menyirip.


Anthophyta
anthophyta
Anthophyta
Anthophyta adalah divisio tumbuhan yang naggotanya sangat berlimpah. Merupakan tumbuhan angiospermae (berbiji tertutup) , memiliki bunga sejati dan sangat umum dengan kehidupan manusia. Tumbuhan ini membentuk bunga sebagai alat reproduksi, daunnya memiliki pertulangan menjari, menyirip, sejajar, dan melingkar.

0 komentar

Post a Comment