Saturday, February 28, 2015

Cinenen Gunung (Orthotomus cuculatus)

Advertisement

Burung cinenen gunung merupakan jenis cinenen yang sulit dijumpai karena jumlahnya yang terbatas. Mereka adalah penghuni dataran tinggi sehingga dinamakan dengan cinenen gunung. Burung ini sangat suka dengan suhu yang agak dingin dan lingkungan hutan yang lebat. Burung ini juga disebut dengan nama ciblek gunung.



Burung jantan dan betina memiliki morfologi yang serupa. Mereka memiliki atap kepala berwarna merah, punggung kehijauan dan perut dan tunggir kuning terang. Burung jantan dan betina memiliki ekor yang sama pendeknya dan sering digerakkan naik turun.

Cinenen gunung jantan akan menarik perhatian betina dengan bersuara riang di pagi dan sore hari. Mereka akan membangun sarang dengan menjahit daun-daun yang cukup lebar dengan sarang laba-laba. 

Si betina akan bertelur 3 hingga 4 butir dan dierami betina hingga menetas. Anak-anaknya masih belum bisa melihat setelah menetas sehingga butuh perhatian dari kedua induknya. Jantan dan betina akan bergantian mencarikan makanan berupa serangga-serangga kecil yang tidak beracun.

0 komentar

Post a Comment