Tuesday, January 27, 2015

Perbedaan Cumi-Cumi dan Sotong

Advertisement

Cumi-cumi dan sotong merupakan anggota filum molusca (hewan lunak) yang memiliki nilai ekonomi penting bagi manusia. Mereka banyak diburu untuk dijadikan hidangan lezat dalam berbagai masakan. Cumi dan sotong tubuhnya berotot dan kenyal serta memiliki ctarasa yang enak untuk dimakan.

Cumi-cumi (squid) dan sotong (cuttlefish) memiliki ciri tubuh yang hampir serupa, namun mereka sebenarnya adalah spesies yang berbeda. Namun di jepang, mereka tidak dibedakan dan keduanya disebut dengan nama yang sama yaitu “ika”.

Cumi dan sotong sama-sama memiliki 10 tentakel yang terdapat pada kepalanya. Mereka juga memiliki badan seperti torpedo dengan bagian belakang yang meruncing serta terdapat sirip di sisi tubuhnya. Perbedaan cumi dan sotong dapat dilihat dari bentuk tubuhnya dan letak siripnya.

Perbedaan cumi dan sotong adalah sebagai berikut.
  • Tubuh cumi lebih ramping dan terkesan panjang bila dibandingkan dengan sotong yang bertubuh gemuk dan pendek. 
  • Cumi memiliki sirip pada setengah tubuhnya hingga bagian belakang, sedangkan sotong memiliki sirip di sepanjang tubuhnya.
Untuk lebih jelas, perhatikanlah gambar di bawah ini.

cumi-cumi-squid-loligi sp.
Cumi-cumi/squid/Loligo sp.
sotong-cuttlefish-sepia sp.
Sotong/cuttlefish/Sepia sp.

Dengan memperhatikan kedua ciri tersebut, akan sangat jelas dalam membedakan antara cumi dan sotong sehingga kita tidak akan bingung lagi untuk membedakan keduanya.

0 komentar

Post a Comment