Wednesday, November 26, 2014

Beaver yang Ahli Membangun

Advertisement

Beaver merupakan sejenis berang-berang yang hidup di Amerika, Eropa, dan Asia Utara. Hewan pengerat besar ini hidup di sekitar perairan air tawar dalam kelompok kecil keluarga. Beaver dikenal sebagai hewan yang ahli membangun bendungan, mereka akan membendung sungai agar wilayah tempat tinggal mereka menjadi lebih luas.

Beaver memiliki gigi seri yang besar dan cakar yang tajam yang digunakannya untuk memotong kayu dan ranting sebagai bahan-bahan bendungan mereka. Mereka akan menyusun kayu dan ranting tersebut hingga menjadi bendungan yang kuat dan dapat mencapai ukuran yang sangat besar. Karena ulahnya ini, hutan dan daratan di sekitar sungai dapat menjadi kebanjiran akibat dari aliran air sungai yang terhalang bendungannya.

Bendungan tersebut selain digunakan untuk memperluas wilayah perairan juga digunakan sebagai sarang tempat tinggal beaver. Pintu masuk sarang terletak di bawah permukaan air, jadi hanya beaver yang dapat masuk dan berlindung di dalamnya. Satu sarang biasanya akan ditinggali oleh pasangan beserta bayi-bayi mereka dan juga anak mereka yang telah dewasa hasil perkawinan sebelumnya.

Beaver adalah hewan perenang unggul, kecepatan berenangnya mencapai 8 km/jam. Keahlian berenang mereka didukung dengan kaki yang berselaput dan ekor pipih yang digunakan untuk mendayung dan menyeimbangkan gerakan di dalam air. Beaver merupakan hewan monogami, jantan akan berpasangan dengan betina yang sama seumur hidupnya. Mereka hanya mencari pasangan baru saat pasangan lamanya telah mati. Tidak seperti berang-berang lainnya yang memakan ikan, beaver lebih menyukai daun, rumput, dan kulit kayu sebagai makanannya. Mereka dapat bertahan di dalam air selama 15 menit dalam sekali tarikan napas, dan bulunyapun dilapisi minyak yang menyebabkan tidak basah saat terkena air.

0 komentar

Post a Comment