Friday, October 31, 2014

Pusing, Mengapa Kepala Terasa Pusing?

Advertisement

Salah satu kejadian tak menyenangkan yang hampir pasti pernah dialami oleh semua orang di dunia adalah pusing. Pusing merupakan penyakit umum yang dapat menyerang siapapun pada usia berapapun. Sebenarnya apa sih pusing itu? Mengapa seseorang bisa menjadi pusing?

Pusing adalah sensasi rasa tidak nyaman yang terasa di kepala dan leher bagian atas. Terkadang seluruh kepala terasa pusing dan kadang hanya sakit kepala sebelah atau yang dikenal dengan istilah migrain. Walaupun sakit ini tidak membahayakan jiwa penderita, namun dapat mengganggu aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Saat pusing mendera, seorang anak tidak bisa pergi sekolah, ayah tidak dapat bekerja, dan ibu tidak dapat melayani keluarga.


Pusing sebernarnya timbul karena adanya jaringan yang rusak di sekitar otak kita (bukan di dalam otak). Jaringan-jaringan yang terdapat di luar otak, apabila rusak dapat memproduksi prostaglandin sehingga menimbulkan rasa sakit yang kita kenal dengan pusing. Otak sendiri tidak memiliki saraf untuk merasakan sensasi sakit, jadi apabila ada kerusakan pada jaringan otak kita malah tidak akan merasa pusing.

Prostaglandin merupakan substansi yang dihasilkan oleh jaringan yang rusak untuk menimbulkan sensasi sakit. Apabila jaringan otot kaki kita rusak kita akan merasa sakit di kaki, namun apabila jaringan yang rusak adalah daerah kepala sekitar otak, rasa pusinglah yang akan terasa.

Sakit pusing tidak sulit untuk diobati. Obat-obatan yang mengandung parasetamol biasanya sangat umum digunakan untuk mengobatinya. Apabila kita ke toserba atau minimarket, kita daapat dengan mudah menemukan obat untuk menyembuhkan pusing.

Parasetamol dalam obat pusing memiliki efek menghambat produksi prostaglandin pada jaringan yang luka sehingga rasa sakit akan hilang. Jadi obat-obat pusing yang ada di pasaran hanya bekerja menghambat produksi prostaglandinnya saja, namun jaringan yang rusak tidak terpengaruh. Jaringan yang rusak ini akan diperbaiki secara otomatis oleh tubuh, kita hanya perlu membantu tubuh kita dengan mengkonsumsi makanan yang lengkap gizinya saja.

1 komentar: