Saturday, October 18, 2014

Deinonychus : Cakar yang Mengerikan

Advertisement

Deinonychus berarti “cakar yang mengerikan”,dinamakan demikian karena dinosaurus ini memiliki cakar yang cukup besar di kaki belakangnya. Hidup pada pertengahan jaman kretaseus, sekitar 119-105 juta tahun yang lalu. Dinosaurus ini memiliki panjang sekitar 3 m dengan berat mencapai 13 kg, seukuran dengan shuvosaurus.


Karnivora yang aktif berburu dalam kelompok, memangsa dinosaurus pemakan tumbuhan. Jari kedua pada setiap kaki belakangnya memiliki cakar yang lebih panjang dibandingkan dengan cakar lain. Cakar yang berbentuk bulan sabit itu digunakan untuk menusuk mangsa maupun sebagai alat pertahanan terhadap musuh-musuhnya.

Dinosaurus yang ukurannya lebih besar dapat juga menjadi incaran buruannya karena sifatnya yang berburu dalam kelompok. Dengan rahang yang dipenuhi gigi-gigi  dan tangan yang kuat dengan cakarnya, deinonychus dapat mencabik-cabik mangsanya agar lebih mudah ditelan. Fosil deinonychus ditemukan di beberapa tempat di Amerika Serikat antara lain Montana, Wyoming, dan Texas.

Bila diperhatikan lebih seksama, dinosaurus ini memiliki kemiripan dengan velociraptor. Kemiripan tersebut pertama dari adanya cakar panjang pada kakinya, bentuk morfologinya, dan sifatnya yang berburu dalam kelompok. 

0 komentar

Post a Comment