Monday, December 16, 2013

Burung-Burung Cangar

Advertisement

Cangar merupakan nama suatu kawasan di Malang Jawa Timur yang ramai dikunjungi sebagai tempat wisata. Objek wisata yang dapat dinikmati pengunjung adalah pemandian air panas, paket wisata alam, dan bumi perkemahan. Cangar terletak di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo di kota Batu, Malang.

Lokasinya yang asri dan dipenuhi pepohonan menyebabkan Cangar menjadi habitat tempat tinggal dan transit banyak spesies burung. Data pada tahun 2013 menyatakan bahwa di kawasan cangar dapat dijumpai 141 spesies burung baik yang termasuk burung penetap maupun burung migran.

Beberapa spesies unik yang dapat ditemukan di Cangar antara lain:

Elang Perut Karat

























Elang perut karat merupakan jenis elang langka yang memiliki ciri khas berupa perut yang berwarna orange kecoklatan. Saat terbang leher hingga dadanya yang berwarna putih akan nampak kontras dengan warna perutnya yang agak gelap. Saat udara telah cukup panas (sekitar pukul 09.00) burung ini akan terbang melayang ke atas perbukitan Cangar untuk mencari mangsa berupa hewan dan burung kecil.


Kukuk Beluk


























Kukuk beluk merupakan jenis burung hantu yang cukup langka. Data hingga kini hanya ditemukan di dua tempat di Indonesia, pertama di Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan kedua di Cangar. Burung yang aktif di malam hari ini memiliki ciri khas berupa kalung coklat kehitaman pada dada. Muka berwarna coklat terang dengan lingkar mata coklat kehitaman. Di Cangar, burung ini sering nampak mengunjungi daerah aula tempat menginap penjaga Cangar.


Meninting Besar

























Meninting besar adalah burung yang hidupnya tidak pernah jauh dari sungai. Burung ini memiliki kecintaan yang tinggi terhadap sungai karena makanannya berupa serangga-serangga air. berekor panjang hitam-putih dan memiliki jambul putih. Saat terbang rendah di permukaan sungai, burung ini akan mengeluarkan suara kicauan yang sangat ramai. Di Cangar, burung ini dapat ditemukan di beberapa aliran sungai yang jauh dari keramaian.


Sempur Hujan Rimba

























Sempur hujan rimba menyukai hutan dataran tinggi sebagai tempat tinggalnya. Berwarna merah keungguan pada tubuhnya dengan sayap kehitaman bergaris kuning. Ciri khas jenis sempur adalah paruhnya yang besar dan lebar. Agak sulit ditemukan di cangar karena jumlahnya yang terbatas.


Luntur Harimau

























Luntur harimau menyukai hutan dataran tinggi sebagai tempat tinggalnya. Memiliki warna tubuh coklat dengan ekor panjang dan warna kepala kuning kehijauan. Di Cangar, burung ini agak toleran terhadap keramaian karena pernah dijumpai bertengger di dekat aula pengelola Cangar. Burung ini terbukti datang mendekat ketika diundang dengan menggunakan rekaman suara dari jenisnya sendiri.

Untuk list lengkap burung-burung Cangar dapat didownload DI SINI.

0 komentar

Post a Comment