Gyrfalcon, Burungnya Para Raja

Beberapa waktu yang lalu, di media beredar video presiden rusia vladimir putin bermain dengan burung. Dia membiarkan burung itu terbang dan hinggap di lengannya.

Presiden putin tampak tidak takut dan tidak ragu saat tangannya dihinggapi burung pemangsa besar.

Putin dan gyrfalcon

Banyak yang belum tahu, bahwa burung yang menjadi mainan putin itu bukan burung biasa. Itu adalah burung gyrfalcon atau alap-alap gir. 

Gyrfalcon (Falco rusticolus) adalah alap-alap paling besar yang umumnya hidup di bumi belahan utara. Burung ini berkembangbiak di tundra artik dan saat musim dingin akan bermigrasi ke selatan.

Gyrfalcon adalah burung sultan untuk olahraga falconry. 

Gyrfalcon
Gyrfalcon adalah alap-alap terbesar

Falconry adalah jenis olahraga yang memanfaatkan alap-alap atau elang dalam suatu aktivitas berburu. Orang yang mempraktikkan falconry dinamakan falconer. Olahraga ini menuntut kesabaran dan ketekunan dalam melatih burung. Burung harus dapat dijinakkan dan diajari untuk melakukan berbagai macam hal seperti terbang kembali ke tangan sang majikan atau berburu di ladang perburuan.

Falconry adalah salah satu olahraga tertua di dunia yang telah dipraktikkan pertama kali di Timur Tengah sejak abad ke-8 sebelum masehi. Selanjutnya, tradisi ini berkembang di Eropa khususnya dalam kelompok bangsawan pada abad pertengahan. Pada saat itu, setiap kelas sosial diberikan jenis burung pemangsa tertentu guna dilepaskan sebagai simbol kedudukan. Raja menerbangkan gyrfalcon dan budak menerbangkan goshawk.

Jadi gyrfalcon bukan burung sembarangan. Dulu sultan akan membayar 1000 dinar untuk seekor gyrfalcon hidup dan 500 dinar untuk yang sudah mati. Gyrfalcon hidup akan dilatih untuk dijadikan burung pemburu. Sedangkan yang mati akan diawetkan untuk menjadi pajangan.

0 komentar

Post a Comment