Kenapa Nyamuk Suka Dengan Warna Hitam ?

Ada sekitar 3000 spesies nyamuk di muka bumi dan hampir semuanya adalah penghisap darah. Nyamuk jantan tidak menghisap darah, mereka makan nektar bunga dan cairan lain untuk hidup. Namun nyamuk betina perlu darah untuk memproduksi telurnya.


Banyak nyamuk membawa penyakit pada manusia, misalnya demam berdarah, malaria, kaki gajah dan lain sebagainya. Nyamuk adalah hewan penyebab kematian tertinggi pada manusia. Lebih banyak orang meninggal karena gigitan nyamuk dibandingkan gigitan ular ataupun ikan hiu. Diperkirakan sekitar 5% kematian di dunia disebabkan karena gigitan nyamuk pembawa penyakit.

Nyamuk betina memerlukan protein dan lemak dalam darah agar dapat membentuk telur dengan baik. Nyamuk betina kadang makan nektar namun tetap butuh darah agar hasil telurnya maksimal.

Disadari atau tidak nyamuk ternyata lebih suka hinggap atau mendekat pada benda-benda yang berwarna hitam atau gelap. Jadi orang yang memakai baju hitam akan lebih sering didekati dan digigit nyamuk daripada orang berpakaian terang.

baju hitam dan nyamuk
Nyamuk suka mendekati orang yang mengenakan baju hitam

Kenapa nyamuk suka mendekati orang yang memakai baju hitam ?

Ini terjadi karena nyamuk bisa mendeteksi suhu benda-benda di sekitarnya, dan mereka suka mendekat pada benda-benda yang memiliki suhu lebih tinggi. Masalahnya adalah benda yang berwarna hitam dapat menyerap cahaya lebih baik sehingga memiliki suhu yang lebih tinggi. Berbeda dengan benda warna putih yang banyak memantulkan cahaya sehingga suhunya cenderung rendah.

Karena kemampuan menyerap cahya yang lebih baik ini, membuat pakaian hitam memiliki suhu yang lebih tinggi dibandingkan pakaian warna lain, terutama apabila terkena cahaya matahari. 

Bila teman-teman tidak percaya bisa mencoba menjemur pakaian warna hitam dan putih di tempat yang sama. Beberapa waktu kemudian coba periksa suhunya, akan nampak perbedaan pada pakaian hitam dan putih. Benda yang yang berwarna lebih gelap menyerap cahaya lebih banyak dari benda berwarna terang. Jadi semakin gelap benda semakin banyak cahaya yang diserapnya.

Bila seekor nyamuk terbang dan melihat dua orang dengan pakaian hitam dan pakaian putih, dia akan cenderung mendekat pada orang berpakaian hitam. Karena sensor suhu pada nyamuk menangkap sinyal bahwa suhu pada orang berpakaian hitam lebih tinggi atau lebih hangat. Dan apabila nyamuk sudah mendekat tentu saja kemungkinan mereka akan menggigit sangat tinggi.

Itulah alasan nyamuk suka mendekati orang dengan pakaian warna hitam. Jadi kalau teman-teman ingin sedikit mengurangi kemungkinan digigit nyamuk bisa mulai membiasakan diri memakai baju dengan warna-warna cerah yang tidak diperhatikan nyamuk.

0 komentar

Post a Comment