Struktur Virus Corona dan Fungsinya

Penyakit COVID-19 sedang melanda dunia sejak Januari 2020. Penyakit ini disebabkan oleh virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Virus corona dapat menyebabkan demam, gangguan pernapasan, kerusakan paru-paru, hingga kematian.

Bagian virus corona
Bagian-bagian virus corona


Virus corona memiliki bentuk bulat dengan bagian-bagian sebagai berikut.

  • RNA adalah materi genetik yang dimiliki virus. Pada RNA terdapat informasi yang akan digunakan virus untuk memperbanyak diri di sel inang.
  • Nukleokapsid adalah protein virus yang membungkus RNA. Nukleokapsid akan melindungi RNA di dalamnya.
  • Lipid bilayer adalah lapisan membran yang membungkus virus. Lapisan ini akan melindungi bagian-bagian di dalamnya.
  • Glikoprotein membran adalah protein yang ada pada lipid bilayer. Protein membran memiliki peran penting dalam menggabungkan bagian-bagian virus dan menentukan bentuk virus.
  • Protein amplop juga merupakan protein yang ada pada lipid bilayer. Protein amplop bersama dengan protein membran dan lipid bilayer akan membentuk struktur amplop (selubung) virus.
  • Spike protein adalah bagian yang menjulang sehingga memberi bentuk virus seperti mahkota. Spike berfungsi untuk menempel pada sel inang dan memfasilitasi virus masuk ke dalam sel.
Virus corana dapat menyebar dan menular kepada orang lain melalui droplet yang keluar dari mulut maupun hidung. Bila droplet ini disentuh orang lain kemudian masuk ke dalam tubuh orang yang sehat maka orang tersebut akan tertular COVID-19.

Penggunaan masker dan faceshield serta penerapan jaga jarak dan rajin cuci tangan dapat menurunkan resiko penularan COVID-19.

0 komentar

Post a Comment