Ikan Cupang yang Cinta Daun Ketapang

Ketapang (Terminalia catappa) adalah pohon tepi pantai yang rindang dengan daun lebar dan bertekstur tebal. Pohon ketapang sering dijadikan tanaman peneduh karena tajuknya yang melebar dan dapat tumbuh dengan cepat. Pohon ini memiliki tajuk yang bertingkat-tingkat yang indah dipandang mata.

Daun ketapang yang telah tua akan berubah warna menjadi merah dan gugur dari rantingnya. Biasanya daun-daun yang telah berguguran ini akan dipungut oleh pecinta ikan cupang (Betta Sp.) untuk dikumpulkan dan digunakan untuk merawat cupang kesayangannya. Daun ketapang sangat dihargai oleh pecinta ikan cupang karena kandungan kimia di dalamnya sangat bermanfaat untuk ikan.

pohon ketapang
Ketapang memiliki daun lebar dan buah dengan tempurung keras

Kandungan dalam daun ketapang yang paling penting untuk ikan adalah tanin dan flavonoid. Senyawa kimia tersebut bisa diperoleh dan diekstrak dari daun ketapang yang telah kering. Oleh sebab itu, pecinta cupang lebih memilih daun ketapang yang telah berguguran daripada yang masih segar.

Pecinta cupang akan merendam daun ketapang kering dan menggunakan air rendaman itu untuk memelihara cupangnya. Air hasil rendaman ketapang warnanya coklat gelap namun bening, tidak keruh.

Manfaat tanin dan flavonoid dalam air rendaman ketapang untuk cupang adalah sebagai berikut.

  • Menurunkan pH air yang membuat cupang hidup nyaman
  • Sebagai senyawa anti jamur dan bakteri
  • Sebagai senyawa antioksidan untuk menangkal radikal bebas
  • Mengobati penyakit kulit pada cupang
  • Membuat warna ikan cupang menjadi lebih cerah

Manfaat inilah yang membuat daun ketapang sangat dihargai oleh pecinta cupang. Cupang yang sakit ketika direndam dalam air ketapang selama beberapa hari akan sembuh dengan sendirinya. Cupang yang baru dibeli biasanya akan merasa stres karena berpindah tempat, namun dengan pemberian air ketapang cupang akan lebih cepat pulih dari stres-nya.

air rendaman ketapang
Air rendaman daun ketapang kering berwarna coklat

Tak ayal muncul sebutan "Ikan Cupang yang Cinta Daun Ketapang", karena memang sangat bermanfaat untuk kehidupan cupang dalam akuarium.

Walaupun bermanfaat untuk cupang, namun air ketapang tidak baik untuk beberapa jenis ikan. Beberapa jenis ikan yang menyukai air ketapang antara lain gurami, tetra, manfish, discus dan ikan-ikan Amazon lainnya. Sedangkan ikan jenis siklid Afrika seperti lemon siklid, elektrik blue, zebra dan lain-lain tidak menyukai air ketapang. Ikan siklid Afrika tidak suka air ketapang karena mereka lebih nyaman hidup pada kondisi air yang netral mendekati basa sedangkan air ketapang membuat air menjadi netral cenderung asam.

Sedikit informasi manfaat daun ketapang untuk ikan cupang, semoga bermanfaat....

0 komentar

Post a Comment