Reaksi Coca Cola dengan Mentos

Teman-teman pasti banyak yang pernah melihat video di Youtube yang isinya memasukkan mentos ke dalam coca cola. Setelah mentos dimasukkan ke dalam coca cola akan muncul letupan busa yang sangat banyak seperti letusan magma gunung berapi.

Sensasi letusan inilah yang banyak diperlihatkan youtuber-youtuber untuk menarik penonton di videonya. Semakin banyak cola dan mentos yang digunakan akan semakin banyak busa yang muncul, dan semakin epik pula video yang dihasilkan.

Tapi tahukah teman-teman reaksi apa yang sebenarnya terjadi? Apakah yang menyebabkan munculnya busa-busa itu?

Banyak orang mengira busa itu muncul karena reaksi kimia yang terjadi antara cola dengan mentos,  Zat-zat kimia tertentu dalam cola bereaksi dengan zat kimia dalam mentos dan menyebabkan muncul busa berlebih. Namun itu ternyata salah, peristiwa yang menyebabkan munculnya banyak busa bukanlah reaksi kimia namun reaksi fisika.

minuman bersoda dan mentos
Reaksi antara Coca Cola (atau minuman bersoda lain) dengan mentos akan menghasilkan busa yang meluap-luap

Begini reaksinya :

Cola merupakan minuman bersoda atau berkarbonasi, minuman bersoda dibuat dengan mengikatkan molekul Karbondioksida (CO2) pada molekul air. Saat cola diminum, CO2 akan terlepas dari air dan memunculkan sensasi dingin dan segar khas minuman soda.

Sedangkan mentos, walaupun permukaannya kelihatan halus namun sebenarnya kalau dilihat dengan mikroskop akan nampak benjolan-benjolan kecil yang sangat kasar. Namun karena benjolan ini sangat kecil kita tidak dapat melihatnya dengan mata telanjang.

Jadi ketika mentos dimasukkan ke dalam cola, permukaan kasar mentos akan bergesekan dengan CO2 menyebabkan ikatan CO2 dengan air terputus. Ini akan menyebabkan CO2 terbebas dan muncul gelembung busa.

CO2 yang telah lepas akan memicu CO2 yang masih berikatan untuk terlepas pula sehingga terjadi reaksi berantai hingga semua CO2 terlepas dari air. Inilah yang menyebabkan munculnya banyak sekali busa yang meluap-liap seperti letusan gunung berapi.

Itulah penyebab munculnya banyak busa ketika mencampur cola dengan mentos, sangat sederhana dan mudah dipahami. Jadi reaksinya murni fisika, diawali dengan gesekan yang terjadi antara permukaan mentos dengan CO2 dalam air soda. Busa yang muncul-pun tidak berbahaya bagi manusia sehingga banyak dipakai oleh youtuber untuk menarik penonton di channelnya.

Catatan :

Tidak hanya coca cola yang akan menghasilkan letusan busa bila bertemu mentos, minuman soda lain juga bisa tapi dengan jumlah busa berbeda-beda.

0 komentar

Post a Comment