Download Pedoman Umum Program Sembako (BPNT) 2020

Program Sembako atau yang sebelumnya disebut BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) adalah bantuan sosial bagi warga kurang mampu berupa baham pokok keperluan sehari-hari.

Penerima bantuan sembako akan menerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang akan digunakan untuk mengambil sembako di agen penyalur. Kartu tersebut dikeluarkan oleh Bank Himbara yang bekerjasama dengan Pemerintah sebagai penyalur bantuan sembako.

pedoman umum program sembako

Setiap bulan warga akan menerima dana non tunai sebesar Rp 200.000 yang dapat ditukar dengan sembako di agen penyalur. Dana tersebut tidak dapat diambil tunai, hanya dapat ditukar dengan bahan pokok yang diinginkan di agen.

Penerima bantuan sosial sembako merupakan warga miskin yang masuk dalam Basis Data Terpadu. Masing-masing desa memperoleh kuota yang berbeda tergantung jumlah angka kemiskinan di desa tersebut. Desa dengan tingkat kemiskinan tinggi akan memperoleh kuota lebih banyak dibandingkan desa dengan tingkat kemiskinan rendah.

Program ini bertujuan untuk memperbaiki gizi masyarakat miskin sehingga diharapkan dapat selalu terjaga kesehatannya. Program ini juga bertujuan agar bantuan sosial dapat tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat jumlah, tidak terjadi penyimpangan di tengah jalan.

Berikut ini adalah Pedoman Umum Program Sembako tahun 2020

Download Pedoman Umum Program Sembako 2020 (Klik Disini)

Semoga bermanfaat.

0 komentar

Post a Comment