Munculnya Sifat Agresif Ikan Jinak

Saya adalah penghobi ikan hias yang telah memelihara berbagai macam ikan sejak SMP dulu. Mulai dari ikan jinak seperti komet, guppy, tetra; ikan ganas seperti lou han, arwana, alligator; hingga ikan unik macam buntal pernah saya pelihara.

Dari berbagai macam ikan yang saya pelihara, saya jadi mempelajari banyak ilmu yang sangat menarik. Salah satunya adalah tentang perubahan sifat ikan ketika dipelihara dalam kelompok kecil.

Banyak ikan yang punya sifat jinak namun tiba-tiba menjadi agresif ketika dipelihara dalam kelompok kecil kurang dari 5 ekor. Ikan-ikan itu cenderung akan menyerang ikan sejenisnya yang lebih pemah atau berukuran lebij kecil.

Angelfish
Ikan manfish akan hidup rukun bila dipelihara dalam kelompok lebih dari lima ekor


Padahal fenomena ini tidak akan muncul ketika ikan-ikan itu ada dalam kelompok besar lebih dari lima ekor.

Beberapa ikan yang bisa berubah mrnjadi lebih agresif ketika dipelihara dalam krlompok kecil adalah ikan-ikan schooling atau ikan yang di alam biasa hidup dalam kelompok besar.

Beberapa contohnya adalah:
Ikan manfish
Discus
Neon tetra
Cardinal tetra
Zebrafish
Discus
Tiger barb
Dan masih banyak lagi.

Ikan-ikan itu aman bila dipelihara dalam kelompok lebih dari 5, mereka akan hidup akur dengan sesamanya tanpa saling serang. Namun begitu jumlahnya dikurangi, ikan yang lebih besar akan langsung mengganas dan mulai mengusir ikan sejenis yang lebih kecil.

Jadi berdasarkan pengalaman ini, untuk sobat-sobat yang ingin memelihara ikan jinak dalam akuarium sebaiknya dipelajari dulu sifatnya di alam. Bila di alam mereka punya sifat bergerombol maka sebaiknya di akuarium dipelihara dalam jumlah lebih dari 5 ekor, atau semakin banyak semakin baik. Soalnya saya pernah mencoba memelihara ikan zebra 6 ekor dan mereka masih suka bertengkar.

Ikan-ikan yang biasa hidup berkelompok sebaiknya dipelihara dalam kelompok besar dalam akuarium.

0 komentar

Post a Comment