Pengertian Radiata

Radiata adalah kelompok hewan yang memiliki tubuh simetri radial atau tubuh yang melingkar. Contoh radiata adalah cnidaria (hidra, ubur-ubur, anemon, karang) dan ctenophora (ubur-ubur sisir).

Hewan radiata saat perkembangan embrionya hanya memiliki dua lapis sel yaitu ektoderm dan endoderm. Ektoderm adalah lapisan sel luar sedangkan endoderm adalah lapisan sel dalam.

ubur-ubur kotak
Ubur-ubur memiliki tubuh melingkar atau simetri radial yang menjadi ciri khas radiata

Hewan ini umumnya memiliki dua fase dalam kehidupannya yaitu fase polip dan medusa. Saat fase polip mereka akan menempel pada suatu tempat dan tidak bergerak untuk menunggu makanan datang, sedangkan fase medusa adalah saat mereka dapat bergerak bebas dan memiliki tentakel untuk menangkap mangsa.

Hewan-hewan yang termasuk radiata

Filum Cnidaria atau Coelenterata

Cnidaria atau coelenterata adalah hewan-hewan yang memiliki cnidosit atau jarum penyengat pada tentakelnya, juga mempunyai rongga gastrovaskuler untuk mencerna makanan.
Filum cnidaria dibagi menjadi tiga kelas yaitu.
  • Kelas hidrozoa contohnya obelia dan hidra.
  • Kelas scyphozoa contohnya ubur-ubur dan ubur-ubur kotak.
  • Kelas anthozoa contohnya adalah anemon laut dan karang.

Filum Ctenophora

Ctenophora adalah hewan laut berukuran sangat kecil mirip ubur-ubur yang memiliki delapan baris sisir silia yang digunakan untuk bergerak. Contoh ctenophora adalah ubur-ubur sisir.

0 komentar

Post a Comment