Percobaan Mengamati Sel Tumbuhan

Advertisement

Percobaan ini dapat dilakukan untuk siswa SMP dan SMA karena caranya sangat mudah dan bahannya juga sederhana. Siswa akan mengamati sel tumbuhan dari selaput bawang merah. Dengan mengamati sel secara langsung siswa akan lebih memahami materi sel yang disampaikan guru di dalam kelas.

Sel bawnag merah diamati menggunakan mikroskop
Sel bawnag merah diamati menggunakan mikroskop

Berikut ini adalah bahan dan cara kerja untuk praktikum mengamati sel tumbuhan.

Tujuan : 

Mengamati sel tumbuhan

Alat dan Bahan :
  • Bawang merah
  • Larutan iodium
  • Pisau
  • Jarum pentul
  • Pipet tetes
  • Kertas tisu
  • Objek gelas
  • Gelas penutup
  • Mikroskop

Cara Kerja :
  1. Sayatlah bawang dengan menggunakan pisau. Ambillah bagian tipis yang transparan dari permukaan dalam bawang dengan menggunakan jarum pentul.
  2. Berilah 1 tetes air pada objek gelas dengan pipet. Letakkan potongan bawang tadi pada tetesan air, kemudian tutuplah dengan gelas penutup. Air yang merembes pada objek gelas diisap dengan menggunakan kertas tisu.
  3. Amatilah di bawah mikroskop dengan perbesaran 10 x 10 hingga sel nampak jelas, kemudian amati dengan perbesaran 10 x 40 hingga sel nampak jelas.
  4. Ambillah objek gelas dari mikroskop tadi, kemudian berilah 1 tetes larutan iodium pada salah satu sisi objek gelas. Cairan yang merembes pada objek gelas diisap dengan menggunakan kertas tisu.
  5. Amatilah kembali preparat di bawah mikroskop dengan perbesaran 10 x 10 dan perbesaran 10 x 40.
  6. Gambarlah hasil pengamatan dan berilah keterangan pada bagian-bagian sel yang dapat diamati.
  7. Konsultasikan hasil pengamatan dengan teman satu kelompok dan guru.

Bagian-bagian yanag akan terlihat dalam praktikum ini adalah dinding sel dan inti sel (nukleus), sedangkan organel-organel lain tidak akan nampak. Organel-orgenel lain memerlukan pewarnaan khusus agar nampak dalam pengamatan menggunakan mikroskop.

Pemberian laurtan iodium berguna untuk mewarnai amilum/ pati dalam sel tumbuhan. Iodium akan bereaksi dengan amilum menghasilkan warna biru. Bagian-bagian yang berwarna biru dalam sel tumbuhan yang telah diberi iodium berarti mengandung amilum.

Iodium digunakan agar sel-sel bawang merah menjadi berwarna dan lebih mudah diamati. Ketika diamati tanpa bantuan iodium, sel bawang putih nampak bening sulit dilihat. Namun ketika sudah diberi iodium dan akhirnya berubah warna menjadi biru, sel-sel tersebut menjadi lebih mudah diamati bagian-bagiannya.

0 komentar

Post a Comment