Perbedaan Elang dan Alap-Alap

Advertisement

Banyak orang masih bingung membedakan apa itu elang dan apa itu alap-alap, banyak orang yang menganggap itu adalah hewan yang sama. Sebenarnya tidak salah juga bila mereka dikatakan sama karena memang faktanya elang dan alap-alap masih dalam ordo yang sama yaitu Falconiformes. Selain masih berkerabat dekat mereka juga memiliki bentuk tubuh yang mirip, dengan paruh dan cakar yang tajam untuk mencabik mangsa.

Namun secara ilmiah, elang dan alap-alap adalah jenis burung yang berbeda. Membedakan elang dan alap-alap sangat mudah dengan melihat ukuran tubuh dan bentuk sayapnya.

Berikut ini adalah perbedaan antara elang dan alap-alap.

Ukuran tubuh

Tubuh elang lebih besar dari alap-alap (kecuali elang tikus yang ukurannya cukup kecil). Elang dengan ukurannya yang besar mampu memburu hewan-hewan besar sebagai mangsanya. Elang emas misalnya bahkan mampu memburu dan memangsa serigala karena ukurannya cukup besar. Sedangkan alap-alap umumnya hanya memburu mangsa yang lebih kecil seperti burung merpati, kadal dan hewan kecil lain.

perbedaan sayap elang dan alap-alap
Sayap elang lebar dengan ujung menjari sedangkan ayap alap-alap memiliki ujung meruncing

Bentuk Sayap

Cara paling mudah membedakan elang dan alap-alap adalah dari bentuk ujung sayapnya ketika terbang. Bila dilihat dari bawah, sayap elang cenderung lebar dan ujungnya menjari sedangkan sayap alap-alap memiliki ujung yang meruncing. Oleh karena bentuk sayapnya ini, alap-alap mampu terbang lebih cepat dari elang. Alap-alap bahkan dikenal sebagai hewan tercepat di dunia. Alap-alap kawah mampu terbang dengan kecepatan 390 km/jam ketika memburu mangsanya, lebih cepat dari laju mobil Formula 1.

Ordo Falconiformes

Elang dan alap-alap merupakan anggota ordo Falconiformes namun mereka berbeda famili. Ordo Falconiformes di Indonesia tersebar dari ujung barat hingga ujung timur dan menghuni baik lautan hingga pegunungan tinggi.
  • Falconiformes dibedakan menjadi 4 famili yaitu.
  • Famili Falconidae yang anggotanya adalah alap-alap
  • Famili Accipitridae yang anggotanya adalah elang
  • Pandionidae yang anggotanya hanya elang tiram
  • Sagittariidae yang anggotanya adalah burung sekretaris (tidak ada di Indonesia)
burung sekretaris
Burung sekretaris

Elang dan Alap-Alap sebagai Lambang Negara

Tidak bisa dipungkiri bahwa elang dan alap-alap dianggap sebagai hewan yang kuat dan dihormati. Oleh karena itu banyak negara dan wilayah yang menggunakannya sebagai lambang. Tentu kita sudah hapal dengan lambang negara kita Garuda Pancasila yang merupakan penggambaran dari elang jawa. Lambang negara Amerika Serikat juga merupakan elang botak yang berkepala putih. Sedangkan alap-alap menjadi lambang negara Uni Emirat Arab dan beberapa wilayah di sekitarnya.

0 komentar

Post a Comment