Pengertian Nukleotida

Advertisement

Nukleotida adalah molekul yang tersusun atas basa nitrogen, gula, dan gugus fosfat. Basa nitrogen penyusunnya bisa berupa purin (adenin dan guanin) atau pirimidin (sitosin, timin, dan urasil). Sedangkan gula penyusunnya bisa berupa deoksiribosa maupun ribosa.

nukleotida
Molekul penyusun nukleotida

Nukleotida merupakan molekul penyusun DNA dan RNA. Pada DNA gula penyusun nukleotida-nya adalah deoksiribosa, sedangkan pada RNA gula penyusunnya adalah ribosa.

Nukleotida juga menjadi kofaktor untuk CoA, FAD, FMN, NAD, dan NADP yang berperan dalam fotosintesis dan metabolisme.

nukleotida penyusun DNA
Nukleotida tersusun menjadi DNA

Saat pembentukan DNA, nukleotida akan disambung satu demi satu untuk membentuk DNA yang  panjang. Urutan basa nitrogen yang dibawa nukleotida ini yang menentukan informasi genetik yang dibawa oleh DNA. Semakin dekat kekerabatan suatu organisme akan memiliki urutan basa nitrogen yang mirip, namun semakin jauh kekerabatan akan memiliki kemiripan yang semakin sedikit.

Misalnya antara anak dengan ibunya, akan memiliki urutan basa nitrogen yang banyak persamaan. Namun antara seorang anak dengan temannya akan memiliki banyak perbedaan urutan. Lebih-lebih untuk organisme yang berbeda spesies, misalnya manusia dengan kucing, perbedaanya semakin banyak.

Baca juga :

0 komentar

Post a Comment