Monday, June 25, 2018

Penyebab Maag Kambuh Setelah Minum Obat Sakit Gigi

Advertisement

Kemarin bapak saya giginya sakit kemudian oleh ibu saya dibelikanlah obat sakit gigi di toko dekat rumah. Setelah bapak minum obat tersebut sakit giginya agak reda tapi malahan muncul masalah baru, perutnya jadi sakit karena maag-nya kambuh. Bapak saya memang punya sejarah sakit maag yang agak parah, karena gaya hidup beliau ketika masih muda yang kurang sehat. Akibatnya sakit giginya belum sembuh total, malah ditambah maag kambuh.

Saya curiga sakit maag beliau kambuh karena konsumsi obat sakit gigi tadi, karena obat sakit gigi mengandung bahan pereda rasa sakit yang efeknya dapat memicu berkurangnya produksi lendir lambung sehingga lambung rentan terkena serangan asam lambung.

tukak lambung
Ilustrasi maag (tukak lambung)...tapi ini bukan foto bapak saya ya haha ;D

Agar sakit bapak segera sembuh, saya pergi ke apotik mencari obat sakit gigi dan maag. Saat di depan apotekernya saya ceritakan semua kondisi bapak saya, mulai dari sakit gigi dan maag-nya. Dan jawaban apotekernya sesuai dengan perkiraan saya, dia menjawab begini.

“Benar mas, obat sakit gigi itu memang mengandung bahan pereda rasa sakit yang dapat membuat maag kambuh. Makanya tiap ada orang beli obat di sini saya selalu tanya dulu, punya maag apa gak? Kalau punya maag saya kasih obat sakit gigi yang aman untuk lambung yang tidak menyebabkan maag kumat.”

Kemudian saya beli obat maag untuk mengobati maag bapak saya.
Juga beli obat sakit gigi yang aman bagi penderita maag.

Nah untuk obat sakit gigi yang aman bagi penderita maag, dikasihlah saya obat yang namanya NICHOFLAM, bahan aktif dalam obat tersebut adalah Diclofenac potassium yang merupakan obat antiinflamasi non-steroid.

Alodokter.com menjelaskan Diclofenac sebagai berikut.
“Diclofenac adalah salah satu obat antiinflamasi non-steroid (OAINS) yang digunakan untuk meredakan rasa sakit tingkat ringan hingga menengah dan inflamasi. Contoh kondisi yang dapat ditangani dengan obat ini adalah rheumatoid arthritis, osteoartritis, penyakit asam urat, nyeri punggung, terkilir, serta sakit gigi.”

Selengkapnya dapat dibaca di artikel Pengertian Diclofenac di Alodokter.

Setelah sampai rumah, bapak langsung minum obat sakit gigi tersebut dan alhamdulillah sakit giginya sembuh. Kemudian beberapa jam kemudian dilanjut minum obat maag dan maagnya pun reda.

Dari pengalaman tersebut ada beberapa pelajaran yang dapat diambil yaitu, hati-hati ketika membeli obat sakit gigi karena dapat menyebabkan maag kambuh. Solusinya adalah membeli obat sakit gigi yang non steroid yang aman untuk lambung. Juga pelajaran penting lainnya adalah...kalau mau beli obat ya di apotik jadinya kita bisa memperoleh penjelasan yang benar...jangan sembarangan beli di toko dekat rumah.

0 komentar

Post a Comment