Embriogenesis Pteridofita (Tumbuhan Paku)

Embriogenesis pteridofita adalah proses regenerasi pteridofita melalui beberapa tahapan yang dimulai dengan terbentuknya masa pro embriogenik, diikuti pembentukan embrio, maturasi (pematangan), desikasi (pengeringan) dan proses perkembangan tumbuhan baru.

Pteridofita termasuk kelompok tumbuhan kormofita, karena daun, batang, dan akarnya telah dapat dibedakan dengan jelas. Paku merupakan kormofita yang bereproduksi dengan menghasilkan spora. Pteridophyta digolongkan menjadi empat kelas yaitu 1) Psilotopsida, 2) Equisetopsida, 3) Marattiopsida, dan 4) Pteridopsida. Daur hidup lumut mengalami pergiliran keturunan dari fase gametofit ke fase sporofit. Daur hidup paku dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

embriogenesis pteridofita
Daur hidup paku

Fase sporofit paku lebih dominan dibandingkan dengan fase gametofitnya. Fase gametofit paku menghasilkan gamet (sperma dan ovum) sedangkan fase sporofit lumut menghasilkan spora. Daur hidup paku akan dijelaskan di bawah ini.
  • Spora paku (n) bila terjatuh pada tempat yang sesuai akan berkecambah dan tumbuh menjadi protalium (gametofit). 
  • Protalium merupakan struktur kecil, tipis, dan lembut yang menghasilkan organ seksual jantan (anteridium) dan organ kelamin betina (arkegonium).
  • Anteridium akan menghasilkan sperma (n) sedangkan arkegonium akan menghasilkan ovum (n).
  • Sperma akan membuahi ovum sehingga terbentuk zigot (2n).
  • Zigot akan berkembang menjadi tumbuhan paku (sporofit).
  • Tumbuhan paku dewasa akan menghasilkan spora sebagai alat perkembangbiakan.
  • Spora muncul dari permukaan bawah daun paku yang berperan sebagai daun reproduksi (sporofil). 
  • Spora terbentuk dari jaringan sporogonium, yang terletak dalam sporangium.
  • Sporangium terletak dalam suatu struktur yang dinamakan sorus. Letak dan struktur sorus dapat dilihap pada gambar di bawah.
Bagan siklus hidup paku dapat dilihat pada gambar berikut. 

embriogenesis pteridofita
Bagan siklus hidup paku

sorus paku
Sorus pada sporofil

sorus paku
Struktur sorus

Sorus adalah organ yang terdiri atas beberapa kotak spora (sporangium) yang berbentuk bulat atau pipih. Pada tumbuhan paku sorus biasanya terletak di permukaan bawah daun atau di ujung tepi daun dan berwarna kecoklatan.

0 komentar

Post a Comment