Saturday, January 13, 2018

Cara Senam Kegel dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Advertisement

Senam kegel merupakan gerakan-gerakan melatih otot panggul bawah yang bermanfaat untuk menguatkan vagina dan penis.

Manfaat yang dapat diperoleh dengan rutin melakukan senam kegel adalah sebagai berikut.

  • Menguatkan otot panggul bawah sehingga tidak terjadi kencing tanpa kontrol (biasa terjadi pada orang tua atau sehabis operasi prostat).
  • Pada pria senam kegel dapat menguatkan ereksi dan mencegah proses ejakulasi sehingga kegiatan seksual berlangsung lebih lama (mengatasi masalah susah ereksi dan ejakulasi dini).
  • Pad wanita senam ini akan membuat vagina semakin rapat karena otot panggul yang menguat (hubungan seksual menjadi lebih terasa).
  • Pada ibu hamil senam ini akan menjadikan otot panggul bawah kuat dan elastis sehingga proses melahirkan menjadi lebih mudah dan lancar (jadi tidak perlu operasi sesar).

Setelah mengetahui manfaat-manfaat di atas masih tidak ingin berlatih kegel?

Namun sebelum saya jelaskan langkah-langkah dalam senam kegel ada baiknya saya jelaskan dulu apa yang disebut sebagai otot panggul bawah. Karena otot ini yang menjadi fokus utama dalam senam kegel dan otot inilah yang akan dilatih supaya menjadi lebih kuat.

Dimana sih letak otot panggul bawah?

otot senam kegel


Perhatikanlah gambar di atas untuk mengetahui letak panggul bawah. Jadi otot ini terletak di selangkangan namun tidak termasuk otot paha maupun otot pantat. Dalam gambar di atas otot yang di maksud diberi tanda berupa warna biru dan diberi nama pc muscle yang merupakan kependekan dari pubococcygeus muscle.

Langkah-langkah senam kegel

Seperti senam-senam yang lain, hasil dari senam kegel baru nampak apabila dilakukan secara rutin setiap hari paling tidak setelah 4 bulan. Yang pertama harus dilakukan adalah mencari tahu letak otot panggul bawah. Saat anda sedang kencing kemudian menahan keluarnya air kencing tersebut maka yang bekerja adalah otot panggul bawah, ingatlah otot tersebut yang harus dilatih.

Setelah anda menemukan dimana letak otot panggul bawah selanjutnya bisa mulai melakukan langkah-langkah berikut.
  • Kosongkan kandung kemih kemudian berbaringlah.
  • Kencangkan otot panggul bawah dan tahan selama 5 detik.
  • Ulangi proses ini hingga 10 kali dengan diselingi istirahat selama 3 detik di sela-selanya.
  • Bila telah terasa mudah menahan selama 5 detik dapat ditingkatkan menjadi 10 detik.
  • Lakukan kegiatan ini selama 3 kali sehari.
  • Setelah 4 bulan akan mulai nampak manfaatnya berupa otot panggul yang lebih kuat.
  • Setelah anda terbiasa, latihan ini dapat dilakukan sambil duduk, berjalan, dan aktivitas lainnya.
Mudah bukan..yang susah adalah menjaga konsistensi untuk terus mempraktekkannya.

Note:
Banyak pria dewasa melakukan senam kegel untuk memperlama proses ereksi dan mencegah ejakulasi dini. Penderita ejakulasi dini ditandai dengan keluarnya sperma setelah beberapa menit berhubungan badan (umumnya 2 menit atau kurang). Dengan latihan kegel secara rutin ejakulasi dapat ditahan hingga 20 menit bahkan 30 menit bagi yang telah berpengalaman. Senam ini ditemukan oleh dr. Arnold Kegel di tahun 1940-an.

Bacaan lanjut.

Effects of Sex Education and Kegel Exercises on the Sexual Function of Postmenopausal Women: A Randomized Clinical Trial

Strengthening the pelvic floor with Kegel exercises

0 komentar

Post a Comment